Home Berita Panorama Indah Gunung Batu Bnoko Kaenbaun Kefamenanu TTU

Panorama Indah Gunung Batu Bnoko Kaenbaun Kefamenanu TTU

358
0

LN Focus Indonesia News – Meski belum diperhatikan sungguh-sungguh,  Bnoko Kaenbaun yang terletak di Perkampungan lama, Desa Kaenbaun, Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur perlahan diketahui kalangan luas dan diminati para pemburu sunset ketika menjejakan kaki di wilayah Kota Kefa dan sekitarnya.

Rangkuman tim media ini di Kefamenanu, jarak dari Ibu Kota Kabupaten TTU menuju lokasi gunung batu sekitar 11 Km. Perjalanan tempuh menuju lokasi dapat mengunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.  

Dalam tradisi warga setempat, Bnoko Kaenbaun dikenal sebagai tempat suci bagi Suku Basan di Kaenbaun. Setiap tahun sebelum acara berkebun, seluruh anggota Suku Basan pergi melakukan ritual khusus di tempat ini, diyakini untuk mendapat restu leluhur yang mendiami gunung Batu Bnoko Kaenbaun agar hasil panen mereka sesuai dengan harapan.

Rangkuman tim media ini, menurut Erlin Taus, cucu dari Suku Basan kepada wartawan (03/04/2019), warga sangat berharap lokasi ini mendapat perhatian dari Tokoh Adat dan Pemerintah Daerah setempat, untuk terus didorong  promosinya dan Bnoko Kaenbaun bisa dijadikan sebagai salah satu lokasi Wisata Alam atas keberadaanya yang mempesona di Desa Kaenbaun, Kefamenanu, Kabupaten TTU .

Selamat datang dan selamat menikmati panorama indah di Kota Kefa, jangan lupa pijakkan kaki anda di Bnoko Kaenbaun.  (Elpin B/Tim/Red)