Home Berita Festival Bale Nagi akan digelar hingga 27 April 2019

Festival Bale Nagi akan digelar hingga 27 April 2019

289
0
Konferensi pers Festival Bale Nagi bersama Wartawan. Foto: Sil Kabelen

LARANTUKA.COM – LARANTUKA, Festival Bale Nagi yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur akan dimulai pada tanggal 6 April 2019 hingga 27 April 2019 dalam rangkaian Pekan Suci umat Katolik Larantuka yang lebih dikenal dengan sebutan Semana Santa.

Rangkaian kegiatan Festival Bale Nagi yang akan dibuka langsung oleh Bupati Flores Timur, Anton H. Gege Hadjon, ST tersebut mengambil tempat di Desa Pantai Oa, kecamatan Wulanggitang dengan menampilkan berbagai atraksi budaya Lamaholot.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kabupaten Flores Timur, Apolonia Corebima, SE, M.Si yang akrab disapa Nia Corebima saat melakukan konferensi pers di ruang pertemuan Bupati Flores Timur, jumat (5 April 2019).

“Festival Bale Nagi diselenggarakan dengan salah satu tujuannya adalah untuk memperlama waktu tinggal bagi para wisatawan yang datang mengikuti prosesi Semana Santa. Selama ini para wisatawan mungkin hanya tinggal satu atau dua hari saja, sehingga diharapkan dengan adanya Festival Bale Nagi ini, waktu tinggal para wisatawan semakin lama,” ungkap Nia Corebima.


Konferensi pers Festival Bale Nagi bersama Wartawan. Foto: Sil Kabelen

Ditambahkan Nia Corebima, pada penyelenggaraan Festival Bale Nagi ini, pemerintah kabupaten Flores Timur melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan hanya berperan sebagai fasilitator dimana peran aktif dari masyarakat setempat lebih diutama. Sehingga beliau mengharapkan akan memiliki dampak pada perekonomian masyarakat.

Pemilihan nama Festival Bale Nagi, menurut Nia Corebima berdasarkan apa yang terjadi selama ini bahwa masyarakat diaspora Flores Timur yang juga dikenal dengan masyarakat Lamaholot, sering melakukan mudik atau pulang kampung lebih pada saat perayaan Semana Santa dan bukannya pada liburan sekolah ataupun liburan akhir tahun yang berbarengan dengan hari Natal.

Jadwal Rangkaian Kegiatan Festival Bale Bagi

Pada kesempatan yang sama Bupati Flores Timur mengharapkan peran aktif dari insan pers untuk ikut serta mempromosikan Festival Bale Nagi ini agar semakin banyak masyarakat diaspora yang bisa pulang kampung untuk melihat dan kemudian bisa tergerak untuk turut serta membangun Lewotana dengan caranya masing-masing. Beliau juga mengharapkan agar kedepannya wisatawan yang datang ke Flores Timur semakin meningkat dari waktu ke waktu.(hh)