Home Berita Bawaslu Ngada Pastikan Pemilu Ulang TPS 05 Tanalodu Ngada Khusus Pilpres

Bawaslu Ngada Pastikan Pemilu Ulang TPS 05 Tanalodu Ngada Khusus Pilpres

221
0

LN Focus Indonesia News – Ketua Bawaslu Kabupaten Ngada, Sebastian Fernandes dalam keterangan pers kepada wartawan di Ngada tanggal 22 April 2019 memastikan TPS 05 Tanalodu yang terletak di Kota Bajawa Kabupaten Ngada Pulau Flores akan dilakukan PSU atau Pemilihan Suara Ulang, secara khusus untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Dihimpun redaksi media ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Ngada, Sebastian Fernandes menguraikan, PSU yang dikeluarkan bermula dari Pengawas TPS menemukan kejadian enam pemilih yang tidak terdapat dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT, tidak terdaftar pada Daftar Pemilih Tambahan atau DPTb, tidak terdapat juga dalam Daftar Pemilih Khusus atau DPK serta dokumen A5 Pindah Pemilih bersama data valid lainnya, namun masuk menggunakan KTP luar NTT, yakni dari Jawa, lalu menggunakan hak pilih pada TPS 05 Tanalodu dan memilih Capres-Cawapres, berikutnya kedapatan oleh petugas.

Menurut Ketua Bawaslu Ngada, terhadap temuan ini pihaknya sudah mendalami semua unsur sesuai ketentuan yang berlaku dalam Pemilihan Umum dan dinyatakan tidak memenuhi unsur, selanjutnya rekomendasi PSU sebagai jalan keluar untuk TPS 05 Tanalodu Bajawa, Flores.

Sementara terhadap petugas penyelenggara Pemilu, tambah Ketua Bawaslu Kabupaten Ngada, Sebastian Fernandes, saat ini tengah didalami seluruh ketentuan, apakah akan dikenai sanksi ataukah tidak dikenai sanksi, pihaknya tengah melakukan pendalaman serius dengan mengacu pada instrumen legal yang berlaku. (Tim/Red)