Home Artikel Tumbangkan Persada Lewat Adu Pinalti, Citra Damai Juara Liga II Askab PSSI...

Tumbangkan Persada Lewat Adu Pinalti, Citra Damai Juara Liga II Askab PSSI Flores Timur

708
0

Tumbangkan Persada Lewat Adu Pinalti, Citra Damai Juara Liga II Askab PSSI Flores Timur

Lapangan Gawerato, Desa Badu, Larantuka minggu siang ini (03/03/2019) dijejali lautan penonton. Di tribun utara, penonton hampir memenuhi semua tempat duduk. Di sebelah selatan pun tak kalah banyak. Di samping kiri dan kanan, penonton berhimpitan di antara pagar kayu bambu menyaksikan laga final Liga II Askab PSSI Flores Timur.

Sejak wasit Syukri Gazali meniup peluit pertanda babak I dimulai, pertandingan berjalan sengit dan seru. Citra Damai yang turun dengan seragam hijau nampak menguasai jalannya pertandingan sementara Persada yang berseragam biru lebih banyak meladeni ritme permainan Citra Damai dan sesekali mengancam pertahanan Citra Damai. Beberapa kali serangan Citra Damai memaksa Persada untuk merapatkan pertahanan. Pada menit ke 10, pemain Citra Damai, M. Fajar nyaris saja mengubah keadaan andai saja tendangannya tidak melambung di atas mistar gawang Persada yang digawangi M. Sengaji. Menit ke 17, giliran sang kapten Citra Damai, Aris Kasim mencoba peruntungan lewat tendangan bebas, namun bola tak mencapai sasaran.

Selepas jeda waterbreak, Citra Damai yang dilatih oleh pelatih Bahrudin Badi menggebrak lewat sebuah serangan yang nyaris menghasilkan gol pada menit ke 36. Di menit ke 42, lagi-lagi M. Fajar yang lihai mengolah si kulit bundar gagal mengeksekusi tendangan bebas karena bola terbentur tiang gawang. Saling berbalas serangan di babak pertama ini pun menandai berakhirnya babak pertama.

Babak ke II dimulai, Citra Damai membuka serangan ke gawang Persada namun bola hasil tendangan masih melambung di atas mistar gawang. Petaka bagi Citra Damai pun datang di menit ke 56. Berawal dari kartu kuning yang dihadiahkan kepada M. Fajar akibat pelanggarannya terhadap pemain Persada, bola tendangan bebas kapten Faisal Husein melambung datar, melewati pagar betis Citra Damai, dan berhasil mendarat mulus di dalam gawang Citra Damai yang dikawal Bondan Uran. 1:0 untuk Persada. Sontak, pendukung Persada bergemuruh. Selepas gol Persada, Citra Damai tetap bermain statis.

Variasi seragan semakin mengalir dari sisi kiri dan kanan pertahanan Persada. Persada yang ditukangi Asri Laba, tak mengubah pola permainan dan bermain terbuka dan sesekali menyerang.  Serangan Citra Damai yang gencar nampak merepotkan pertahanan Persada hingga menghasilkan kartu kuning ke 2 untuk Haji Saputra pada menit ke 77. Situasi Persada yang hanya menyisahkan 10 pemain membuat Citra Damai memanfaatkan situasi ini. Hasilnya, pada menit 79, Abdul Hamid berhasil menjebol gawang Persada melalui sebuah serangan dari sisi kanan pertahanan Persada. Citra Damai berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa pertandingan berjalan semakin seru dan sengit namun usaha kedua tim tak membuahkan gol di akhir babak ke II.

Pertandingan pun dilanjutkan dengan 2×10 menit. Kedua tim tetap bermain terbuka. Citra Damai lebih banyak mengambil inisiatif serangan namun pertahanan Persada yang kokoh meski ditinggal salah satu pemainnya masih terlalu tangguh untuk ditembus pemain-pemain depan Citra Damai, dengan tetap sesekali mencuri kesempatan mengancam gawang Citra Damai. Persada kembali kehilangan daya gedornya ketika salah satu pemainnya terkena kartu kuning kedua pada babak ke II tambahan 2×10 menit. Praktis, Persada bermain dengan 9 orang, namun Citra Damai tak berhasil memanfaatkan situasi ini hingga wasit meniup peluit pertanda babak 2×10 menit berakhir.

Pertandingan pun dilanjutkan dengan babak adu pinalti. Ketegangan jelas terlihat di raut muka para pendukung kedua tim. Dua eksekutor pertama dari kedua tim berhasil menjalankan tugasnya. Namun dua eksekutor dari kedua tim berikutnya justru gagal mengkonversi gol. Pada giliran pemain ketiganya, eksekutor Citra Damai gagal menggetarkan gawang. Namun gagalnya tiga pemain Persada berikutnya dalam menjalankan tugasnya, dan satu eksekusi yang berhasil dari pemain Citra Damai akhirnya menasbihkan Citra Damai sebagai kampium Liga II Askab PSSI Flores Timur. Skor berakhir 3:4 untuk keunggulan Citra Damai.