Home Tulisan Lepas Parpol yang Lolos Elektoral Sudah Diketahui?

Parpol yang Lolos Elektoral Sudah Diketahui?

69
0

Oleh: Anthony Tonggo

PEMILU 2019 – SEKARANG ini sudah ramai lembaga-lembaga survey mengumumkan hasil survey mereka tentang berapa partai yang lolos dan partai mana saja yang lolos.

Saya yakin, publikasi hasil survey ini menyurutkan perjuangan beberapa pihak di partai-partai yang ditunjuk untuk tidak lolos.
***

BILA para aktivis parpol tersebut percaya, maka posisi parpol Anda sudah semakin pasti tidak lolos. Ketidaklolosan parpol Anda karena disumbangkan oleh kepercayaan Anda pada hasil survey.

Mestinya Anda pakai hasil survey itu untuk semakin berjuang untuk membuktikan bahwa lembaga survey salah.
***

UNTUK sementara, dalam pemilihan langsung saat ini, rasanya terlalu kecil pemilih yang memilih berdasarkan partai. Kebanyakan org memilih figur.

Nah, survey itu baru tepat apabila yang disurvey adalah figur calegnya. Apakah unit surveynya ada di individu atau di parpolnya? Ini yang belum dibuka oleh lembaga-lembaga survey.

Jika bukan survey figur, maka belum tentu benar nama-nama parpol yang tidak lolos sudah bisa diketahui. Yang bisa diketahui cuma jumlah parpolnya yang lolos.
***

ALANGKAH lebih fairnya apabila lembaga-lembaga survey perlu mengumumkan unit yang diteliti: apakah individu caleg atau parpolnya?

Untuk para pengelola partai yang diumumkan lembaga survey bahwa tidak lolos beserta para calegnya, jangan kendur dan jangan terpengaruh oleh pengumuman hasil survey. Anda harus tetap berjuang maksimal. Peluang Anda sama juga dengan partai dan caleg lain.

Selamat berjuang…! (***)

Penulis : Anthony Tonggo