Home Berita PADMA: Semarak Pekerja Migran Asal NTT Mendesak Ketegasan Kolektif

PADMA: Semarak Pekerja Migran Asal NTT Mendesak Ketegasan Kolektif

98
0

Focus Indonesia News – Direktur Lembaga PADMA Indonesia, Gabriel Goa kembali menurunkan press release (4/3/2019) terkait pekerja migran asal Nusa Tenggara Timur yang selalu nekat merantau ke Malaysia tanpa skill memadai dan ilegal.

Dikutip redaksi media ini, PADMA Indonesia menyatakan, maraknya Pekerja Migran Indonesia asal NTT yang nekad pergi melarat ke Malaysia tanpa skill dan ilegal, merupakan tantangan bagi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten-Kabupaten untuk mewujudkan aksi nyata secara berkelanjutan untuk persoalan yang satu ini.

“Dengan kondisi maraknya pekerja migran asal NTT yang selalu saja nekat melarat ke Malaysia, maka Gubernur NTT dan kita semua didesak melakukan aksi nyata Pilot Program di NTT guna mengatasi permasalahan PMI asal NTT mulai dari Pencegahan,Penegakan Hukum TPPO dan Program Reintegrasi serta Pemberdayaan Ekonomi Masyakarat!Pertama, bekerjasama dengan Pemprov NTT, Kemenlu RI, Kemenaker, BNP2TKI/BP3TKI NTT dan IOM mendata PMI asal NTT di Luar Negeri dimulai dari Negeri Jiran,Malaysia. Ini mendesak ketegasan kolektif”, ungkap Direktur PADMA, Gabriel Goa.

Berikutnya, lanjut dia, pencegahan mendukung program IOM di NTT lewat Pergub, Perbup, Perwalkot Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Human Trafficking serta Perda dan Perdes se NTT.

Selanjutnya, mendampingi dan mengawal penegakan hukum TPPO di NTT yang sedang berjalan yakni di Polres, Polda dan PN hingga MA serta mendukung dan mengawal realisasi UU PPMI di NTT yakni Layanan Terpadu Satu Atap(LTSA) dan BLK(Balai Latihan Kerja) Profesional di 3 titik yakni pada tiga pulau besar di NTT : Sumba (Tambolaka),  Timor (Kupang) dan Flores (Maumere).

Dan yang terakhir adalah bekerjasama dengan IOM untuk realisasi Program Reintegrasi bagi korban TPPO asal NTT.

Ditambahkan, menuju NTT zero Trafficking dimulai dari Negeri Cincin Api dan negeri terdepan NKRI berhadapan dengan Timor Leste dan Australia, NTT bisa menjadi contoh dan model terdepan bagi Indonesia maupun scala Internasional. (Tim/Red)