Home Berita Ombak Pantai Rako Dalam Rangkaian Festival Bale Nagi

Ombak Pantai Rako Dalam Rangkaian Festival Bale Nagi

319
0
Kepala Dinas Kabupaten Flores Timur didampingi Adit (PSOI) dan Hans Hallan (larantuka.com) beserta staff Dinas Pariwisata Kabupaten Flores Timur

LARANTUKA.COM/Larantuka – Bertempat di ruang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Flores Timur, Senin (04/03/2019), Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) melalui Ketua Komunitas Selancar Pulau Rote, Adit Wage memberikan pemaparan mengenai potensi Pantai Rako sebagai titik baru olahraga berselancar yang sejak beberapa tahun terakhir getol diperjuangkan untuk dapat masuk menjadi salah satu cabang perlombaan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dijelaskan, bahwa untuk dapat berselancar dibutuhkan lebih dari sekedar ombak yang dalam dunia surfing dikenal adanya istilah swell, yaitu semacam gelembung ataupun gundukan yang terjadi pada permukaan laut oleh beberapa kejadian alam.

“Untuk mengetahui apakah pantai Rako benar-benar memiliki ombak untuk bisa dijadikan titik selancar, bisa dilakukan pengamatan pada saat Kapal-kapal dilarang berlayar”, ungkap Adit memberikan salah satu tips sederhana kepada para peserta yang hadir.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Flores Timur, Apolonia Corebima menyampaikan alasan mengapa Pantai Rako masuk dalam salah satu lokasi penyelenggaraan Festival Bale Nagi.

“Pantai Rako dipilih menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Festival Bale Bagi di hari kedua pada tanggal 7 April 2019 mendatang karena selain memiliki ombak yang dapat digunakan untuk berselancar, juga memiliki keindahan yang masih alami dan belum terekspos sehingga diharapkan dengan adanya Festival Bale Nagi ini, semakin banyak orang yang mengetahui kekayaan wisata yang dimiliki oleh Flores Timur”, ungkap wanita yang akrab disapa Nia Corebima.

Tidak lupa pula beliau menyampaikan terima kasih kepada pihak PSOI yang telah dengan sukarela membantu Pemerintah Daerah Flores Timur guna menjajagi Pantai Rako.(hh)