Home Berita Lanjut Perkara OTT Dukcapil Ngada, Jaksa Optimis Menang Kasasi

Lanjut Perkara OTT Dukcapil Ngada, Jaksa Optimis Menang Kasasi

280
0

Focus Indonesia News – Ditemui di Kantor Kejaksaan Negeri Bajawa (26/03/2019), Kasi Pidsus, Kejaksaan Negeri Bajawa (Flores-Nusa Tenggara Timur), Edi Sulistio Utomo, SH mengungkapkan kelanjutan Perkara OTT Kadis Dukcapil Kabupaten Ngada yang sebelumnya dinyatakan bebas, dipastikan sudah didaftar Kasasi oleh Kejaksaan Negeri Bajawa untuk proses hukum lanjutan dan menunggu hasil.

Baca : https://larantuka.com/2018/09/terkait-ott-dukcapil-ngada-ini-keterangan-penjelasan-polres-ngada/

Ditambahkan,  Kejaksaan optimis menang dalam proses Kasasi.

“Kami masukan Kasasi pada tanggal 27 Februari 2019. Saat ini tinggal kita menunggu hasilnya. Kami optimis dengan mengacu pada unsur-unsur yang sangat menguatkan dakwaan kami dan itu cukup lengkap”, tegas Kasi Pidsus, Kejaksaan Negeri Bajawa (Flores-Nusa Tenggara Timur), Edi Sulistio Utomo, SH.

Sesuai pasal tuntutan, tambah Edi Sulistio Utomo, SH, ketika menang dalam Putusan Kasasi maka selanjutnya pelaku menjalani hukuman penjara 4 Tahun.

Rangkuman redaksi media ini, pengertian Kasasi adalah pembatalan atas Keputusan Pengadilan-Pengadilan yang lain yang dilakukan pada tingkat Peradilan terakhir dan dimana menetapkan perbuatan Pengadilan-Pengadilan lain dan para Hakim yang bertentangan dengan hukum, kecuali keputusan Pengadilan dalam perkara pidana yang mengandung pembebasan terdakwa dari segala tuduhan, hal ini sebagaimana ditentukan dalam Pasal 16 UU No. 1 Tahun 1950 jo. Pasal 244 UU No. 8 Tahun 1981 dan UU No. 14 Tahun 1985 jo. UU No. 5 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung.

Baca juga : https://larantuka.com/2018/07/kejaksaaan-bajawa-pastikan-perkara-ott-dukcapil-ngada-naik-akan-persidangan/

Apabila tidak puas dengan vonis dari Pengadilan Negeri, Kasasi diajukan ke Pengadilan Tinggi. Bila masih tidak puas dengan vonis dari Pengadilan Tinggi, dapat mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung. Mahkamah Agung sebagai badan terakhir untuk memperoleh Keadilan.

Tujuan kasasi adalah untuk menciptakan kesatuan penerapan hukum dengan jalan membatalkan putusan yang bertentangan dengan undang-undang atau keliru dalam menerapkan hukum.

Keterangan Foto : Kasi Pidsus, Kejaksaan Negeri Bajawa (Flores-Nusa Tenggara Timur), Edi Sulistio Utomo, SH. // (Tim/Red)