Home Peristiwa dan Tokoh Kilas Tokoh NTT : Aleta Baun Peraih Penghargaan Tertinggi Lingkungan Hidup

Kilas Tokoh NTT : Aleta Baun Peraih Penghargaan Tertinggi Lingkungan Hidup

163
0

Focus Indonesia News – Mengenal sosok pejuang lingkungan hidup tak kenal lelah asal Nusa Tenggara Timur. Rangkuman berbagai sumber terpercaya, Aleta Kornelia Baun, SH adalah sosok pejuang tangguh bidang Lingkungan Hidup yang mempertaruhkan nyawanya untuk Indonesia.

Siapa Aleta Baun sebenarnya. Redaksi media ini tertarik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dari figur pejuang yang satu ini.

Nama : Aleta Kornelia Baun, SH. Pejuang Lingkungan, Pejuang hak-hak Perempuan dan Anak dan Politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Jabatan terakhir Anggota Komisi III DPRD NTT Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB )

Pengalaman Organisasi : Pendiri Organisasi A’taimamut (POKJA OAT ), Dewan Pendiri LSM PIKUL, Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, Pendiri Mama Aleta Fund Asia,  Dewan pendiri Yayasan Taim Hine Aleta Baun, Anggota Dewan AMAN Perempuan Indonesia.

Penghargaan yang diraih : Awarded Goldman Environment Prize 2013, Awarded Yap Thiem Hien 2016, Awarded Saparinah Sadli 2017, Anak Flobamora Award 2014, Partai Kebangkitan Bangsa Award 2014.

Sebagai langkah maju pembangunan masyatakat, POKJA OAT telah memiliki 640 kelompok tani, ternak, tenun, san nelayan tersebar di kabupaten TTS dan di akhir tahun 2018 dapat mencapai 1000 lebih kelompok.

Yayasan Taim Hine sebagai yayasan yang bergerak di bidang lingkungan sudah mempersiapkan 30.000 anakan mangga dan nangka untuk NTT. Sebagai anggota DPRD NTT, Aleta berkomitmen untuk terus bekerja secara nyata kepada masyarakat untuk misi masyarakat mandiri.

Aleta Baun aktif dalam berbagai diskusi dan pembentukan kelompok Tani, nelayan, ternak, dan tenun untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. Selainitu konsen dalam masalah-masalah yang ada dalam masyarakat seperti air bersih. (Tim/Red)