Home Berita Uskup Agung Ende Pimpin Pemakaman Jenazah Rm. Dominikus Balo, Pr

Uskup Agung Ende Pimpin Pemakaman Jenazah Rm. Dominikus Balo, Pr

777
0

Focus Indonesia News – Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Poto Kota memimpin langsung jalannya misa pelepasan terakhir dan pemakaman Jenazah Romo Dominikus Balo, Pr bertempat di Gereja Seminari Santo Yohanes Brekhmans Mataloko, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (7/02/2019).

Selain itu Romo Vikep Bajawa, Romo Yoseph Daslan bersama seluruh Pastor Paroki dan para Pastor dalam lingkup Kevikepan Bajawa mendampingi langsung proses pelepasan jenazah menuju tempat peristirahatan terakhir .

Ratusan Biarawan Biarawati, siswa Seminari dan umat dari berbagai daerah hadir menghantar kepergian Romo Domi Balo, Pr ke tempat peristirahatan terakhir di Pemakaman Imam Projo Seminari Santo Brekhmans Mataloko.

Sementara dari pihak keluarga duka asal Kampung Detunio, Kanganara, Nuapu, Detukeli, Unggu, Kecamatan Detukeli Kabupaten Ende, hadir ratusan keluarga dan sesepuh adat mengikuti jalannya pelepasan kepergian sang tokoh yang mencatat sejarah sebagai Imam kedua setelah Pastor Yohanes Mbenu dari generasi Paroki Roh Kudus Detukeli, Lio Utara, Kabupaten Ende, Flores.

Dua Imam Gereja Katolik yang berkarya di Paroki Detukeli bersama Paroki Pemekaran Watunggere, P. Charles Beraf, SVD dan Romo Servas, Pr hadir bersama mendampingi umat Paroki Detukeli dan Watunggere-Nida, juga Romo Thadeus Depa, Pr sebagai keponakan dari almarhum Romo Dominikus Balo, Pr.

“Romo Dominikus Balo, Pr adalah Imam yang telah sukses menjadi sahabat Yesus melalui segala pengabdiannya bagi Gereja, Umat, Masyarakat, Bangsa dan Negara ini. Kepergiannya meninggalkan pesan dan catatan karya bhakti positif untuk diketahui, diingat dan diikuti dalam misi cinta kasih perutusan hidup umat manusia”, ungkap . Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Poto Kota.

Sementara dalam sambutan pelepasan terakhir, perwakilan keluarga duka menyampaikan ungkapan terimakasih berlimpah kepada semua pihak dan Gereja serta para Pastor, kepada Paroki Roh Kudus Mataloko, para Suster dan Siswa Seminari Mataloko, para Guru Seminari serta masyarakat Ngada dan Pemerintah Daerah yang telah memberikan segala-galanya dalam berntuk perhatian kepada Romo Dominikus Balo, Pr semasa hidup dan juga untuk segala urusan kedukaan kepergian Romo Dominikus Balo, Pr menghadap Sang Khalik.

Sambutan duka juga disampaikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada, mengucapkan turut berduka dan kehilangan mendalam atas kepergian sosok pelayan Gereja dan masyarakat dalam karya Romo Dominikus Balo, Pr.

Meski saat procesi upacara pemakaman, cuaca di wilayah Mataloko dan sekitarnya diguyur hujan lebat, namun jalannya pelaksanaan pelepasan terakhir jenazah berjalan sangat takjub dan aman sesuai agenda yang telah dijadwalkan. Selamat jalan Romo Dominikus Balo, Pr. (Tim/Red)