Nasib Karya Kreatif Warga Detuboro Kecamatan Detukeli Kabupaten Ende

Focus Indonesia News – Karya keterampilan warga masyarakat khususnya Kelompok Karya Ibu di Dusun Detuboro, Desa Watunggere, Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende, Flores boleh dibilang sangat mumpuni. Pantauan redaksi ini awal Januari 2019, karya kreatif mereka menjadi salah satu contoh nyata bahwa masih jauh dari perhatian untuk ditingkatkan.

Disambangi tim redaksi media ini awal Januari 2019, Ketua Kelompok Tani Karya Ibu, Maria Fransiska Mei menuturkan usaha kelompok Karya Ibu dengan beranggotakan sedikitnya mendekati 20 orang Ibu Rumah Tangga dalam asuhannya bergerak dengan semangat untuk pengembangan usaha kreatif mikro menengah masyarakat.

Lebih jauh dituturkan, perhatian terhadap sektor ini masih sangat lemah sehingga produk karya kelompok ibu-ibu ini, meski sangat bermutu dan mempunyai keunikan daya cipta, hasilnya berjalan di tempat bahkan tidak diketahui banyak kalangan.

Hasil produksi Kelompok Karya Ibu, kata Maria Fransiska Mei, sudah sangat banyak bahkan sudah diperkenalkan sampai tingkat Pemerintah Daerah namun bentuk-bentuk perhatian maupun pengawasan bantuan permodalan untuk usaha kerajinan masyarakat belum menyentuh usah kreatif mikro menengah di kelompoknya yang berada pada tingkat terbawah.

“Produksi karya kerajinan yang kami buat disini sudah kami perkenalkan termasuk kepada orang-orang penting di tingkat kabupaten, namun belum ada bentuk perhatian terhadap kelompok seperti ini. Jadi kelompok seperti kami ini mengalami kebuntuan untuk bagaimana hasil-hasil kerajinan yang sangat unik Ende Lio dan juga bermutu seperti ini bisa mendapat perhatian bahkan jalan keluar terobosan pasar untuk bisa jauh lebih berpengharapan dari hari ini”, ungkap Maria Fransiska Mei.

Mereka berharap, perhatian para pihak terkait yang berkompeten bisa menyentuh kelompok-kelompok terkecil tingkat terbawah. (Tim/Red)