Home Berita KPUD Dan Bawaslu Ngada Sosialisasi Pemilu Di Makodim 1625

KPUD Dan Bawaslu Ngada Sosialisasi Pemilu Di Makodim 1625

349
0

Focus Indonesia News – KPUD dan Bawaslu Kabupaten Ngada gelar sosialisasi mekanisme pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 yang diikuti sekitar delapan puluhan peserta, bertempat di Aula Makodim 1625 Ngada, Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Ngedukelu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Flores mulai pukul 9.10 wita (8/02/2019).


Sosialisasi ini digelar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Babinsa tentang Pengamanan Pemilu 2019. Rangkuman redaksi media ini, hadir dalam kegiatan ini diantaranya Pabung Kodim 1625 Ngada, Kapten Inf. Paulinus Rowa, Se-Danramil jajaran Kodim 1625 Ngada, Se-Pasi Kodim 1625 Ngada. Sementara hadir sebagai narasumber diantaranya Ketua KPU Kabupaten Ngada, Stanislaus Neke, Sekretaris Bawaslu Ngada, Yohana Leba, SH.

Ditegaskan Ketua KPU Ngada, Pemilu adalah sarana kedaulatan untuk memilih capres, cawapres, cagub, cawagub, cabup, cawabup, caleg RI/Prov/Daerah yang diselenggarakan secara langsung dan rahasia. Untuk itu diharapkan TNI-Polri dapat menanamkan “3 S” yaitu Sapa, Salam, Senyum dan mengajak masyarakat untuk memilih sesuai dengan hak pilihnya.

Ketua KPU Kabupaten Ngada, Stanislaus Neke  mengutarakan KPU mempunyai prinsip jujur, mandiri, adil dalam partai politik dan akuntabel. Lebih lanjut, terkait data pemilih, diterangkan jumlah keseluruhan DPT di wilayah NTT yaitu Laki-laki : 1.668.211, Perempuan : 1.723.405 dan Total : 3.391.616

KPUD Ngada meminta para Babinsa diharapkan menjadi lilin pencerahan terhadap masyarakat untuk mendukung situasi keamanan tetap kondusif.

Berikutnya Sekretaris Bawaslu Ngada, Yohana Leba, SH dalam paparan materinya menyampaikan pada umumnya pengetahuan masyarakat Ngada terkait mekanisme aturan pentahaban pelaksanaan Pemilu 2019 masih sangat rendah, terbukti sering ditemukan pelanggaran pada saat pemasangan APK, dimana petugas Bawaslu menemukan pemasangan spanduk parpol di depan rumah ASN atau terdapat APK yang terpasang tanpa sepengetahuan atau seizin tuan rumah.

Dipastikan, sampai saat ini pihak Bawaslu tetap melakukan sosialisasi agar masyarakat mengerti mekanisme pelaksanaan Pemilu 2019.

Bawaslu Ngada juga menyatakan selalu siap melayani laporan dari masyarakat dan akan menindaklanjuti laporan untuk menciptakan situasi yang aman dan tertib sesuai aturan perundangan.
 

Kepada media, pihak Kodim 1625 Ngada memastikan kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden bagi Prajurit Kodim 1625 Ngada, Flores-Nusa Tenggara Timur. (Ket foto bersama / MMP/Tim/Red).