Home Berita Nagekeo : Konsumen Resah Pengembalian Uang Dengan Permen

Nagekeo : Konsumen Resah Pengembalian Uang Dengan Permen

433
0

Focus Indonesia News – konsumen di Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Flores mengeluhkan ulah pedagang yang mengembalikan uang belanjaan menggunakan permen.

Seperti yang dialami Yohan Bosko (2/1/2019) salah seorang konsumen hendak membeli pulsa. Saat menerima uang kembali dari pelayan konter, yang diberikan adalah uang lembaran Rp 2 ribu serta permen tiga buah.

Kepada media ini (3/1/2019), Yohan Bosko mengatakan kekesalannya terhadap aksi tidak terpuji yang dilakukan oleh pemilik konter. Pasalnya kejadian pengembalian uang menggunakan permen bukan baru pertama kali terjadi, tetapi sudah berulang ulang kali.

Sementara secara aturan Bank Indonesia telah mengeluarkan regulasi yang melarang pengembalian uang menggunakan barang karena barang bukan mata uang rupiah yang diakui oleh negara.

“Saya sempat tanya ke pelayan konter itu, kenapa uang kembali kasi pakai permen jawab dia bilang uang kecil tidak ada. Kalau uang kecil tidak ada itu bukan urusan saya”kata Dia.

Dijelaskan, pengembalian uang menggunakan permen bukan hanya terjadi pada dirinya tetapi juga dialami oleh konsumen lain. Perbuatan itu sudah sangat merugikan konsumen. Aksi pemilik konter diduga sudah jelas melanggar aturan pidana No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Sanksinya berdasarkan pasal 62 ayat 1 yang bersangkutan akan dikenakan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda Rp 2 milyar.

“Saya akan lapor pemilik konter itu ke pihak berwajib biar ada efek jera karena perbuatan sudah merugikan konsumen”ungkap Yohan Bosko. (Don/Tim/Red)