Home Kesehatan Mengkudu; Di Balik Canda Tawa Ketua Komite SMP Katolik Phaladhya Waiwerang

Mengkudu; Di Balik Canda Tawa Ketua Komite SMP Katolik Phaladhya Waiwerang

236
0
Sumber: Google

Aku tidak sedaerah dengan mereka di tempat ini. Kehidupan di tempat ini menjadi hal baru bagiku. Menikmati dalam sebuah penderitaan mungkin harus, karena mengais rezeki bukan semudah membalikan telapak tangan. Aku harus menjalaninya dengan penuh suka cita. Aku menjadi seorang guru pada tahun 2011 silam di sebuah SMP Katolik Phaladhya Waiwerang yang merupakan sebuah Lembaga Pendidikan kedua di Kabupaten Flolres Timur setelah SMP Pankrasio. Namun, dalam perjalanannya, SMP Pankarsio di Larantuka ditutup dikarenakan berbagai alasan. Oleh karena itu, SMP Katolik Phaladhya merupakan salah satu sekolah tertua di Kabupaten Flores Timur yang yang berada di Waiwerang, Ibukota Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur.

Ketika pertama kali menapaki kaki di sekolah ini, rasanya tubuh ini hampir terbakar karena daerahnya yang cukup panas. Memang terdapat beberapa pohon pelindung di lokasi sekolah yaitu sebuah pohon asam dan beberapa pohon jambu mente. Pepohonan ini menjadi pelindung bagi anak-anak ketika jam istirahat. Selain untuk beristirahat, juga digunakan sebagai tempat belajar mengajar ketika cuaca sedang panas-panasnya di dalam kelas.

Letak sekolah yang berada di pesisir pantai membuat hawa pada malam hari cukup mencekam dengan dinginya hembusan angin, menggerogoti raga kulit pembalut tulang hingga terasa ke sum-sum tulang. Namun, ini hanyalah  rotasi musim di daerah ini.

Beberapa minggu menjadi guru di sekolah ini, aku diperkenalkan oleh pimpinan lembaga yang saat itu dikepalai oleh Bapak Yosep Hoda Rumat dengan seseorang lelaki tua, berkaca mata dan sedikit berambut uban yang katanya beliau adalah Komite Sekolah. Perkenalan kami layaknya sebagai anak bapak dalam sebuah keluarga. Ketua komite ini bernama Dominikus Doni Lakonawa atau biasa di sapa dengan Pa Doni.

Suatu senja ketika raja siang hendak kembali keperaduannya, aku duduk seorang diri.  Termenung mengenang akan sesuatu. Masa lalu, sekarang atau masa depan. Tentu tidak pasti. Namun, hal ini menjadi polemik mejadi-jadi dalam benak ini. Tak lama kemudian ponselku berdering. Aku sesegera mungkin menuju ke meja untuk mengambil ponsel tersebut. Ternyata Pa Doni menelpon, sekedar mangajak aku untuk mimun kopi sore di rumahnya. Aku pun langsung bergegas menuju rumahnya yang tidak seberapa jauh dari kediamanku. Aku berjalan menyusuri sebuah lorong berliku-liku. Melewati pinggir tembok-tembok raksasa pengusaha kaya raya dan juga tembok bambu rumah warga jelata. Mengharukan memang. Sedih. Namun, apa hendak dikata, takdir sudah berkata demikian.

Tidak seberapa lama sampailah aku di kediman Pa Doni. Beliau sudah rapi, mungkin sehabis mandi. Dengan nada bergurau beliau berkata ”Seratus pohon lebih yang aku tanam hari ini”. Mendengar kalimat itu aku terpaku. Diam membisu. Sejenak aku mematung. Dalam hati aku berbisik orang tua seusia 60-an tahun tapi masih menanam. “Apa yang semestinya ada dalam benaknya,” lirihku lagi. Sambil mempersilahkan aku duduk sambil berkata: ”menanam adalah hobiku semenjak masih di bangku sekolah dasar.” Aku hanya menganguk-angguk.

Sambil duduk menikmati kopi suguhannya dan beberapa makanan lokal di pada sebuah bale-bale, kami pun  bercerita tentang banyak hal. Terutama mengenai kesibukannya dalam menyemai bibit anakan tamanan. Begitu banyak ragamnya anakan yang disemaikan, baik untuk ditanam di lahannya maupun untuk dijual jika ada orang yang membutuhkan anakan pada musim hujan.

Hamparan halaman rumahnya di bagian samping dijadikan sebagai tempat untuk menyemaikan anakan. Aku mencoba beranjak dari bale-bale menuju ke tampat persemaian itu. Aku hanya diam melihat begitu banyak anakan. Baik itu anakan umur panjang seperti jati, mahoni dan lain-lain, maupun tanaman hias seperti pinang hias, gelodok. Tidak ketinggalan tanaman obat-obatan herbal seperti sirsak dan mengkudu.

Keesokan harinya, aku menyampaikan kepada pimpinan lembaga untuk membeli anakan tamanan untuk di tanam di lingkungan sekolah. Ide tersebut disetujui oleh kepala sekolah, Bapak Yosep Hoda Rumat, dan langsung membuatkan anggaran untuk untuk tujuan dimaksud. Kami membeli beberapa tanaman hias (gelodok dan pinang hias) kurang lebih ratusan pohon dan sekarang semuanya sudah besar di halaman sekolah SMP Katolik Phaladhya Waiwerang. Dari sekian banyak pohon yang dibelikan itu tedapat satu pohon mengkudu yang merupakan obat mujarab bagi kehidupan manusia, dari derita sekit penyakit.

Mengkudu

Mengkudu dalam bahasa Lamaholot (Larantuka, Solor, Lembata, Adonara) disebut Kelore.

Buah mengkudu merupakan buah asli yang berasal dari Asia Tenggara, buah ini berbentuk lonjong dan terdapat bintik-bintik kecil pada bagian kulitnya. Akan tetapi banyak masyarakat yang tidak menyukai buah mengkudu karena aromanya yang sangat menyengat.

Pada umumnya buah mengkudu banyak dimanfaatkan dengan cara membuat menjadi rujak, jus, dan masakan. Namun sebelum mengonsumsi buah satu ini, Anda harus mengetahui jenis buah mengkudu yang berbahaya dan tidak.

Dilansir dari manfaat.co.id, buah mengkudu saat ini ada sekitar 80 jenis. Dimana 20 jenis di antaranya bisa kita konsumsi, sedangkan 60 jenis mengkudu lainnya beracun, atau dengan kata lain berbahaya apabila dikonsumsi. Maka dari itu, sebelum mengkonsumsi buah mengkudu lebih baik Anda tanyakan terlebih dahulu kepada ahlinya ya.

  1. Pohon mengkudu tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi. Tingginya hanya 4-6 meter saja. Dahan dari pohon mengkudu kaku, akarnya tunggal memiliki dahan kasar. Warna batangnya cokelat dan keabu-abuan.
  2. Daun dari pohon mengkudu berdaun tebal. Daun mengkudu letaknya berhadap-hadapan. Daunnya lebar-lebar dan besar-besar. Tetapi daunnya rata.
  3. Bunga dari daun mengkudu majemuk, bunganya bulat. Tangkai bunga mengkudu memiliki panjang 4 meter. Bunga mengkudu diberi nama buah banci, bermahkota bunga putih, bentuk menyerupai corong dan memiliki panjang 1,5 cm. Ada benang sari dan menancap di mulut mahkota. Putik bunga mengkudu tersebut berjumlah dua.

Nutrisi dan Kandungan Buah Mengkudu

Sudah banyak sekali penelitian yang mampu membuktikan kandungan buah mengkudu itu sangatlah berkhasiat bagi kesehatan. 

Seperti yang telah dikutip dari penelitian NCCAM, berikut ini kandungan nutrisi buah mengkudu yang wajib Anda ketahui.

  1. Zat terpenoid
  2. Nutrisi (protein, mineral, antioksidan, dll)
  3. Zat antibakterial (Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus)
  4. Zat anti-kanker (mampu menghambat pertumbuhan sel abnormal)
  5. Zat bioaktif
  6. Zat iridoid
  7. Serat
  8. Asetil
  9. Metil
  10. Morindone
  11. Asam kapril, dan masih banyak lagi.


Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh

Nah setelah Anda mengetahui apa saja kandungan mengkudu dan ciri-cirinya, mari kita lanjutkan ke pembahasan mengenai manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. semua khasiat mengkudu dibawah ini berasal dari kandungan-kandungan senyawa berkhasiat di dalamnya.

1. Menghilangkan sakit kepala

Sakit kepala dapat muncul karena adanya penegangan pada bagian otot dan saraf pusat. Meski hanya sebatas sakit kepala ringan, tetapi jika dibiarkan itu akan sangat berbahaya sekali. Menurut penelitian, manfaat buah mengkudu untuk mengobati sakit kepala terbilang cukup besar. Sebab dalam buah berjuluk “pace” ini mengandung senyawa analgesik sebesar 75 %. Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala saja, tetapi kandungan analgesik tersebut juga terbukti mampu mengurangi rasa nyeri. Bahkan keampuhannya melebihi morfin sulfat.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Khasiat buah mengkudu bagi hipertensi yang Anda alami juga tidak boleh dianggap sepele. Buah satu ini dipercaya mengandung senyawa xeronin, kandungan senyawa inilah yang sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Selain membantu menurunkan tekanan darah, kandungan zat fitonutrien yang terdapat dalam mengkudu dipercaya juga mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga akan meringankan kinerja organ jantung Anda secara maksimal.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Tidak hanya buah pepaya saja yang kaya akan serat, tetapi buah mengkudu pun juga termasuk buah yang kaya akan kandungan tersebut. Bahkan kandungan serat pada mengkudu bisa dikatakan lebih berkhasiat dari pada buah pepaya. Ada banyak sekali manfaat buah mengkudu bagi pencernaan, mulai dari melancarkan BAB sampai dengan mengatasi adanya diare atau disentri. Untuk mendapatkan khasiat buah “pace” tersebut, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung dan juga membuatnya menjadi jus segar. Namun usahakan sebelum mengonsumsi makanan dalam porsi besar setiap harinya.

4. Mampu meningkatkan sistem imun tubuh

Inilah manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang sebenarnya. Mengonsumsi mengkudu secara rutin menurut para ahli akan sangat baik untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Buah mengkudu mengandung berbagai macam mineral alami, peptida, vitamin C, E, dan koenzim Q10. Kandungan-kandungan tersebutlah yang menjadi alasan khasiat buah mengkudu bagi sistem imun sangatlah besar sekali. Dengan meningkatkatnya sistem imun tubuh, maka tubuh Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Terutama penyakit-penyakit ringan seperti flu, batuk, pilek, pusing, masuk angin, dan sejenisnya.

6. Membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh

Musuh terbesar manusia adalah kuman dan bakteri, sebab dari kedua mahluk biotik ini tubuh kita akan sangat mudah sekali terserang yang namanya penyakit. Baik itu penyakit dalam ataupun luar. Namun dengan mengonsumsi buah mengkudu Anda akan terhindar dari serangan kuman dan bakteri tersebut. karena dalam buah ini mengandung senyawa antrakuionon dan terpana yang bersifat antibakterial.

7. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Kolesterol dalam tubuh kita pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2 macam, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Apabila kadar LDL lebih tinggi dari HDL, maka Anda akan mudah terserang penyakit berbahaya. Mulai dari stroke sampai dengan serangan jantung. Dikutip dari penelitian yang dilakukan di Pakistan – Saudi pada tahun 2011, zat xeronine dan proxeronine dalam buah mengkudu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Mereka juga menambahkan, untuk mendapatkan manfaat buah mengkudu satu ini kita dapat mengonsumsi air rebusannya secara rutin setiap harinya.

8. Mencegah kanker

Manfaat buah mengkudu berikutnya adalah mencegah kanker. Penyakit mematikan nomor dua setelah jantung ini mudah sekali menyerang tubuh kita. menariknya lagi sampai sekarang belum ada obat kanker, oleh sebab itu langkah pencegahan haruslah Anda lakukan. Menurut para ahli herbalis, buah mengkudu mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. kandungan antioksidan dalam buah mengkudu inilah yang dipercaya bermanfaat mencegah radikal bebas penyebab munculnya kanker.

9. Mengobati asam urat

Asam urat tidak boleh kita anggap sepele, meski gejalanya hanya muncul beberapa saat saja tapi jika dibiarkan penyakit tersebut akan menyebabkan gagal ginjal dan bahkan stroke. Untuk mengobatinya, Anda dapat mengonsumsi buah “pace” atau mengkudu secara langsung. Buah satu ini mengandung senyawa iridoid tinggi yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam diri Anda. Selain membantu menurunkan kadar asam urat, kandungan iridoid tersebut juga mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat peradangan sendi yang diakibatkan oleh penumpukan asam urat.

10. Mengatasi penyakit diabetes

Sebenarnya sampai sekarang belum ada obat yang pasti untuk penyakit diabetes, namun ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol kadar gula agar tidak terlalu tinggi. sehingga penyakit diabetes tidak akan mengancam. Dipercaya manfaat buah mengkudu bagi diabetes sangatlah besar, sebab dalam buah satu ini mengandung senyawa proxeronine yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah tubuh kita. Tidak hanya berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah saja, tetapi jika mengonsumsi buah mengkudu secara rutin, penyakit diabetes dapat Anda cegah sejak dini.

11. Mengobati gondok

Penyakit gondok dapat muncul disebabkan karena adanya pembengkakan pada bagian kelenjar tiroid. Untuk mengatasinya banyak sekali ahli yang menyarankan agar mengurangi konsumsi garam setiap harinya. Selain mengurangi konsumsi garam, Anda juga dapat mengonsumsi buah mengkudu secara rutin. Menurut penelitian, buah satu ini akan membantu mengurangi pembengkakan yang ada dalam kelenjar tiroid secara bertahap.

12. Melancarkan sistem peredaran darah

Tidak lancarnya sistem peredaran darah dapat disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah. Apabila peredaran darah tidak lancar dan dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan menyebabkan munculnya penyakit berbahaya dalam tubuh. Menurut para ahli, buah mengkudu mengandung zat scopoletin yang berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah. sehingga mengonsumsi buah mengkudu secara rutin akan sangat berkhasiat untuk melancarkan sistem peredarah darah tubuh Anda.

13. Mengobati adanya infeksi

Infeksi dapat muncul disebabkan karena adanya pengaruh kuman dan bakteri pada bagian tubuh kita, baik pada bagian tubuh luar ataupun bagian tubuh dalam. Manfaat buah mengkudu bagi infeksi sangatlah besar sekali, sebab buah satu ini mengandung senyawa antiseptik yang mampu mengatasi adanya infeksi akibat dari bakteri dan kuman. Untuk mendapatkan khasiat mengkudu bagi infeksi, silahkan konsumsi buahnya secara langsung dalam keadaan mentah, namun apabila infeksi terjadi pada bagian luar, oleskan halusan buah tersebut langsung pada bagian yang bermasalah.

14. Meredakan adanya batuk dan pilek

Batuk dan pilek merupakan penyakit ringan, bahkan semua orang pasti pernah mengalami penyakit tersebut. munculnya batuk dan pilek dapat disebabkan karena adanya pengaruh virus, terutama virus influenza. Anda dapat meredakan batuk dan pilek tersebut dengan mengonsumsi buah mengkudu secara rutin, dipercaya kandungan antibakterial dan antiseptik dalam buah satu ini akan mampu memusnahkan semua virus penyebab batuk dan pilek tersebut.

Caranya:

  • Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah matang dan segar
  • Campurkan buah mengkudu tersebut dengan bubuk daun bujanggut
  • Setelah tercampur rebuslah dalam 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas saja.
  • Kemudian saring dan konsumsi 1 gelas air rebusan tersebut secara rutin dalam 2 kali sehari.

Catatan: pengobatan ini awalnya akan menimbulkan rasa gatal pada bagian tenggorokan, tetapi rasa gatal tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring Anda mengonsumsinya secara rutin.

15. Menyembuhkan infeksi peradangan pada usus

Peradangan pada bagian usus dapat disebabkan karena pengaruh kuman dan bakteri dari makanan-makanan yang telah kita konsumsi. Munculnya peradangan usus ditandai dengan rasa nyeri, perih, dan bahkan keluarnya darah saat BAB. Untuk mengobati peradangan usu tersebut Anda dapat mengonsumsi buah mengkudu mentah secara rutin. sebab menurut para ahli, buah mengkudu mengandung zat scolopetin yang bersifat antibakterial. Dengan sifatnya inilah semua bakteri penyebab peradangan tersebut dapat dimusnahkan.

16. Mengobati adanya peradangan pada lambung

Sama halnya dengan khasiat mengkudu bagi peradangan usus, peradangan pada lambung juga bisa Anda obati dengan konsumsi buah mengkudu secara rutin. Munculnya peradangan lambung ditandai dengan rasa mulas, perih, dan bahkan nyeri (hampir mirip gejala maag). Untuk mengatasinya, rebuslah buah mengkudu dan konsumsi air rebusannya secara rutin. Dengan kandungan zat scolopetin yang bersifat antibakterial dan ani-inflamasi, peradangan yang Anda alami akan sembuh dengan sendirinya.

17. Mampu mengatasi keracunan

Penelitian yang dilakukan di Universuty of Yale telah membuktikan bahwa manfaat buah mengkudu untuk detoksifikasi racun sangatlah besar. penelitian ini dilakukan dengan 5 orang pasien yang mengalami keracunan. Tebukti setelah mengonsumsi buah mengkudu, 4 orang diantaranya sembuh dari keracunan tersebut. Keracunan dapat muncul disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari makanan yang kadaluwarsa sampai dengan keracunan obat-obatan tertentu. 

Adapun ciri-ciri orang keracunan antara lain:

  • Muka pucat
  • Sering mengalami pusing
  • Sakit perut
  • Mual-mual dan bahkan muntah
  • Sering BAB atau mengalami diare

18. Mengobati peradangan pada bagian tenggorokan

Munculnya radang tenggorokan dapat disebabkan karena bagian organ tersebut mengalami luka, baik luka dalam porsi kecil ataupun besar. Dengan senyawa antibakterial dan anti-inflamasinya, buah mengkudu sangatlah bermanfaat untuk mengatasi adanya peradangan pada bagian tenggorokan. Untuk mendapatkan khasiat mengkudu bagi radang tenggorokan, silahkan Anda konsumsi buah tersebut dalam keadaan mentah. Terutama buah mengkudu yang sudah mengeluarkan bau cukup menyengat.

19. Mengobati adanya peradangan pada kulit

Khasiat buah mengkudu selanjutnya adalah mampu mengatasi radang kulit. Munculnya peradangan pada kulit disebabkan karena pengaruh radikal bebas, terutama radikal bebas dalam bentuk sinar matahari. Ruam merah, perih, kering, dan bahkan berdarah merupakan tanda bahwa kulit Anda sedang mengalami peradangan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat menggunakan haluskan buah mengkudu sebagai masker kulit. Dipercaya dengan kandungan senyawa scolopetin yang bersifat anti-inflamasi, buah satu ini mampu mengatasi adanya peradangan pada bagian kulit Anda.

20. Mengobati adanya sakit gigi

Sakit gigi dapat muncul disebabkan karena adanya masalah gigi berlubang. Munculnya masalah-masalah kesehatan gigi ini disebabkan karena adanya bakteri dan kuman dalam mulut. Untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada dalam mulut, Anda dapat mengonsumsi buah mengkudu. Meski baunya sangat menyengat, tetapi konon katanya mengunyah buah mengkudu akan membantu menyegarkan nafas Anda secara alami.

21. Mempercepat proses penyembuhan luka bakar

Luka bakar dapat menyebabkan sel-sel kulit menjadi mati. Apabila sel kulit sudah mati, maka akan muncul yang namanya flek atau noda hitam pada bagian kulit tersebut. Untuk mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru pada bagian luka tersebut, Anda dapat menggunakan masker buah mengkudu. Sebab dalam buah satu ini mengandung senyawa terpenoid yang berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, dengan melakukan regenerasi sel kulit baru secara maksimal.

22. Mengatasi adanya diare

Hampir sama dengan disentri, diare dapat muncul disebabkan karena bakteri. Akan tetapi untuk diare bakterinya berbeda spesies. Bakteri penyebab diare salah satunya adalah E Colli.

Selain mengandung serat cukup tinggi, buah mengkudu juga mengandung senyawa antibakterial yang mampu membunuh bakteri penyebab diare tersebut.

23. Mampu meningkatkan energi tubuh secara maksimal

Apakah Anda sering mengalami lemas dan lesu? Jika hal tersebut benar demikian, maka Anda dapat mengatasinya dengan konsumsi buah mengkudu secara rutin setiap harinya. Dengan kandungan kalori dan protein yang cukup, buah mengkudu tidak hanya menambah energi tubuh Anda saja, tetapi buah satu ini juga akan membantu membangun sel dan jaringan tubuh secara maksimal.

24. Mampu mengurangi rasa sakit

Munculnya rasa sakit dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari peradangan sampai dengan adanya luka pada bagian tubuh tertentu. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut banyak ahli menyarankan agar mengonsumsi buah mengkudu secara rutin. Dalam buah mengkudu mengandung senyawa anti-inflamasi, analgesik, dan zat bioaktif. Kandungan-kandungan senyawa inilah yang dipercaya mampu membantu Anda dalam mengurangi rasa sakit.

25. Meredakan demam tinggi

Baik demam pada anak ataupun orang dewasa bisa Anda obati dengan memanfaatkan buah mengkudu. Berikut cara mengobati demam dengan menggunakan buah mengkudu.

  • Siapkan 2 buah mengkudu matang dan sudah berbau, serta 1 batang kencur ukuran sedang.
  • Haluskan kedua jenis bahan tersebut dan campur sampai merata.
  • Rebuslah campuran bahan tersebut dalam 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas air rebusan saja. saring.
  • Lalu konsumsi rebusan herbal alami ini secara rutin dalam 2 kali sehari.

26. Mengobati tumor

Tumor merupakan sebuah penyakit yang muncul disebabkan karena adanya pertumbuhan sel secara abnormal. Tumor dapat dibedakan menjadi 2 macam, yakni tumor jinak dan tumor ganas. Kedua penyakit tumor tersebut dapat Anda atasi dengan menggunakan halusan buah mengkudu, caranya dengan menempelkannya pada bagian benjolan tumor. Namun apabila tumor terletak di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi air rebusan buah mengkudu tersebut.

27. Menghilangkan kulit bersisik

Munculnya kulit bersisik dapat disebabkan karena kelembaban telah hilang. Apabila kulit bersisik tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan munculnya penuaan-penuaan dini. Seperti keriput, kusam, kerutan, dan bahkan garis-garis. Buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat sebagai pelembab, selain berkhasiat melembabkan kulit, kandungan senyawa bioaktif dalam mengkudu juga akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati penyebab besisik tersebut.

28. Menjaga kesehatan tulang dan mengoptimalkan pertumbuhannya

Buah mengkudu mengandung metil, asetil, dan asam kapril. Kandungan-kandungan senyawa inilah yang menjadi alasan manfaat mengkudu bagi tulang sangatlah besar sekali. Kandungan tersebut tidak hanya mampu menjaga kesehatan tulang saja, tetapi kandungan tersebut juga mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan menjaga kekuatan tulang secara alami.

29. Mengobati berbagai macam gangguan kesehatan kulit

Jerawat, komedo, panu, kadas, kurap, kutu air, dan sejenisnya merupakan masalah kesehatan kulit yang sering kita derita. Munculnya gangguan-gangguan tersebut dapat disebabkan karena adanya pengaruh kuman dan bakteri. Akan tetapi, Anda dapat mengatasi berbagai macam masalah tersebut dengan mengoleskan buah mengkudu secara rutin setiap harinya. tidak hanya membantu mengatasi berbagai gangguan tersebut saja, tetapi buah mengkudu juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Bahaya dan Efek Samping Buah Mengkudu

Buah mengkudu sebenarnya sangat aman apabila dikonsumsi sesuai dengan resep dan saran dokter, namun apabila sudah kelewatan mengkudu bisa menjadi senyawa mematikan bagi diri Anda sendiri.

Buah mengkudu tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh:

  • Ibu hamil dan menyusui – buah satu ini akan menyebabkan kandungan Anda mengalami keguguran, sebab mengkudu banyak digunakan sebagai herbal aborsi. Selain itu pada ibu yang menyusui, mengkudu akan menimbulkan efek racun pada ASI Anda.
  • Penderita masalah ginjal – dalam buah mengkudu mengandung senyawa kalium yang cukup tinggi, kandungan kalium ini akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi penderita batu ginjal. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami masalah ginjal jangan konsumsi buah tersebut.
  • Penyakit liver – bagi Anda yang menderita penyakit liver harap tidak mengonsumsi buah mengkudu, sebab kandungan mineral dalam buah satu ini dipercaya akan menganggu kinerja hati/liver Anda.


Proses menanam pohon yang berjumlah sekitar 200 pohon ini dimulai pada tahun 2011 di bawah koordinasi OSIS. Semua siswa wajib untuk menjaga dan merawat. Dengan demikain, semua siswa bertanggung jawab untuk menyiram dan merawatnya setiap hari sampai dengan hari ini. Ketika kelas tiga tamat maka tanggungannya dibagikan ke kelas tujuh dan dia merawatnya sampai dia menamatkan pendidikannya di lembaga pendidikan ini. Begitu banyak khasiat yang terdapat dari pohon mengkudu. Dan terbukti begitu banyak orang yang memetik buahnya di halaman sekolah. Mari kita gerakan semua peserta didik di lembaga pendidikan kita masing-masing untuk mencintai dan mulai mananam berbagai jenis tanaman herbal, karena begitu banyak khasiat yang terdapat di dalamnya bagi kehidupan dari derita sakit penyakit. Mungkin dengan tulisan ini penulis mencoba menyarankan kepada pemerintah dalam hal ini dinas terkait untuk memprogramkan sehingga di setiap lembaga pendidikan peserta didik wajib menanam dan merawat pohon sebagai bukti cintanya kepada alam. Semoga…!

Oleh: Vinsensius Lado