Home Berita Ngada : Realisasi Milyaran Bansos Jelang Ganti Tahun, SPJ Dibuat Fiktif ?

Ngada : Realisasi Milyaran Bansos Jelang Ganti Tahun, SPJ Dibuat Fiktif ?

740
0

Focus Indonesia News – Panasnya suhu keterlambatan penyerapan anggaran tanpa penjelasan, diikuti carut marut praktek pencairan Dana Bansos Kabupaten Ngada Tahun Anggaran 2018 yang dicairkan hanya terhitung selisih puluhan jam dari limit pergantian tahun menjadi tanda tanya besar, bagaimana cara membuat SPJ Bansos sebab masa waktu penyerapan dan laporan sebenarnya sudah tidak pada limit waktunya.

Wawancara redaksi (28/12/2018) Kepala Dinas Keuangan Daerah Kabupaten Ngada, Wilhelmus Bate menerangkan dirinya tidak mengikuti perkembangan sebab sedang tidak berada di tempat.

Rangkuman tim media di Kota Bajawa, hingga tanggal 28 Desember 2018 Kantor Keuangan Daerah dikerumuni warga penerima Bansos, bahkan data terakhir dikantongi awak media, ada yang belum direalisasi hingga tanggal 29/12/2018.

Berdasarkan data laporan wartawan di lapangan, warga penerima Bansos menyatakan bingung jika SPJ dikerjakan dalam masa waktu terlalu singkat sebab dana yang terserap membutuhkan proses lapangan untuk sampai kepada tahab SPJ anggaran.

“ SPJ tidak bisa hanya dalam satu hari kah. Masa terima hari ini, itu pun belum tau sudah mereka transfer atau belum. Kalau SPJ fiktif bisa, kami asal buat saja supaya lengkap”, tutur warga menjawab penelusuran awak media di Kota Bajawa.

Terhadap peristiwa ini, pihak Pemerintah Daerah setempat belum memberikan keterangan resmi kepada awak media di Kota Bajawa. Bahkan saat berita ini diturunkan pencairan Dana Bansos masih sedang berjalan.

Berikut data Bansos tahun 2018 Kabupaten Ngada yakni, Dana Induk Tahun 2018 senilai Rp.14.474.933.417,00. Selanjutnya Anggaran Perubahan Daerah 2018 kembali dianggarkan dan ditetapkan pasca pertengahan tahun dengan besaran nilai Rp. 15.766.500,000, 00. (Tim/Red)