Home Berita Musibah Kapal Wisata Tenggelam Di Pulau Padar Perairan Komodo

Musibah Kapal Wisata Tenggelam Di Pulau Padar Perairan Komodo

4229
0

Focus Indonesia News – Musibah kembali terjadi pada penghujung tahun 2018. Kapal Motor Lahila tenggelam di Perairan Komodo, TKP Pulau Padar Selatan. Rangkuman dari sumber koresponden berita, musibah terjadi pada Minggu tanggal 23 Desember 2018 diperkirakan sekitar pukul 4.30 wita/pagi. Tim Basarnas tiba lokasi sekitar jam 6.30 wita.

Kapal Lahila adalah sebuah kapal kayu yang memuat wisatawan lokal. Kapal motor ini tenggelam sekitar Pulau Padar Selatan. Salah satu yang masih dinyatakan hilang dalam peristiwa ini dan masih dalam pencarian, diantaranya seorang guide asal Bajawa Kabupaten Ngada, Flores.

Informasi penumpang, semua penumpang adalah tamu lokal, diantaranya wisatawan asal Jakarta. Sementara penumpang yang berhasil ditolong saat ini sudah dirawat di Rumah Sakit Siloam. Informasi sementara dua orang dinyatakan masih dalam pencarian, diantaranya Guide asal Bajawa Kabupaten Ngada inisial YU asal Turekisa, Bajawa.

Sedangkan Kapal Motornya sudah ditemukan tetapi dalam keadaan kosong tanpa penumpang. Kabar terakhir Kapal ditemukan oleh Basarnas dekat Pulau Taka Makasar dan sudah dievakuasi ke Binongko.

Beredar informasi bahwa dua hari sebelumnya sudah ada peringatan untuk rute perjalanan ke Pulau Padar dan Komodo karena adanya angin kencang, gelombang tinggi dan arus besar. Diduga Kapal hanya diizinkan ke Pulau Rinca. Belum diketahui informasi detail kesalahan apa yang dilakukan hingga kapal berangkat ke Pulau Padar.

Sementara diduga Kapal Motor dihantam ombak keras hingga terbalik. Penumpang yang belum ditemukan diyakini terseret arus kencang. Belum diketahui apakah ada kerusakan mesin kapal dan hal lainnya saat pelayaran dilakukan.

Berikut viral data musibah beserta penumpang atas musibah ini. Nama Kapal Motor : Lahila. Jumlah tamu : 6 orang (2P, 4 L), Guide 1 orang (L), Kapten 1 orang (L), ABK 3 orang (L). Yang belum diketemukan Tamu 1 orang dan Guide 1 orang. Lokasi kejadian, Perairan Selat Lintah menuju Padar Selatan (Tanjung Batu Cincin). Perkiraan penyebab akibat cuaca buruk. (Foto Kapal Motor saat ditemukan / Tim/Red)