Home Berita Website Pemerintah Daerah Sebagai Kebutuhan

Website Pemerintah Daerah Sebagai Kebutuhan

107
0

Focus Indonesia News – Di era milenium ini masih ada Pemerintah Daerah yang sangat tertutup dengan minimnya sebaran berbagai informasi daerah kepada publik melalui website resmi dan dapat diakses oleh semua kalangan.

Minimnya kesadaran atas peran penting website milik Pemerintah Daerah menunjukan belum sepenuhnya Pemerintah Daerah menyadari bahwa sesungguhnya organisasi pemerintah daerah yang berbasis Teknologi Informasi sudah merupakan kebutuhan pokok era kini.

Masih ada Website milik Pemerintah Daerah yang hanya dibuka lalu tidak beroperasi selayaknya sebagai bank data dan informasi bagi publik dan bagi negara ini, mengindikasikan masih begitu kuatnya pola-pola ketertutupan, ketertinggalan dan keterbelakangan informasi publik melalui saluran website resmi yang seharusnya sudah menjadi kebutuhan pokok peradaban saat ini.

Meski sudah begitu banyak Pemerintah Daerah yang menggunakan website Pemerintah Daerah dan menyajikan informasi serta data, bahkan hingga menyajikan nilai tunjangan perjalanan dinas untuk diketahui publik, namun dengan masih ada juga Pemerintah Daerah yang belum memanfaatkan website,  sesungguhnya dapat dipetakan dalam kategori kecenderungan tradisi informasi dan penyebaran data pada suatu wilayah pemerintahan daerah.

Berikut rangkuman dari sejumlah sumber tentang kegunaan website Pemerintah Daerah yang juga diketahui sebagai bank untuk mengolah data, menyimpan data, menyebarluaskan data bagi khalayak melalui berbagai cara untuk dapat menghasilkan informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu menjawab kebutuhan penguatan organisasi pemerintahan era kini serta demi pelayanan kebutuhan informasi bagi publik.

Secara garis besar manfaat pembangunan website instansi Pemerintah adalah:

  1. Menampilkan secara interaktif jurnal informasi dan pembangunan daerah
  2. Memaparkan segala informasi mengenai potensi daerah dalam segala aspek kehidupan daerah pemerintahan yang bersangkutan sebagai bentuk “tranparansi” pemerintah terhadap masyarakat.
  3. Mensosialisasikan kebijakan/program pemerintah dan informasi pemerintah lainya kepada seluruh masyarakat, terutama masyarakat yang terjangkau oleh akses jaringan internet.
  4. Memberikan media alternatif bagi peningkatan pembangunan daerah, melalui berbagai forum interaktif, yang meliputi, forum perdagangan, forum usaha kecil dan menengah, forum peningkatan agribisnis, forum kerjasama bisnis/partnership, forum lapangan kerja dan usaha, dll.
  5. Menyediakan media bagi pemerintah daerah untuk mendapatkan feedback/masukan dari anggota masyarakat dan pelaku bisnis lainnya. Menjadikan website ini sebagai satu-satunya portal yang menyajikan Journal, Informasi, dan potensi daerah secara terpadu dan menyeluruh.
  6. Menjadikan website ini sebagai media interaksi antara masyarakat dengan pemerintah daerahnya, antara dunia usaha dan pemerintah daerahnya, dan antara pemerintah daerah dengan pemerintah daerah lainya, serta masyarakat luas lainnya.
  7. Sebagai langkah awal terwujudnya implementasi e-Government Pemerintah Daerah.

Bagaimana di daerah tempat anda berada?. (Tim/Red)