Home Berita Pilkades Di Ngada Dihiasi Begitu Banyak Surat Suara Blangko

Pilkades Di Ngada Dihiasi Begitu Banyak Surat Suara Blangko

270
0

Focus Indonesia News – Pemilihan Kepala Desa yang diselenggarakan serentak, di Kabupaten Ngada Pulau Flores tanggal 27 November 2018 dihiasi sejumlah catatan di antaranya cukup banyak surat suara blangko ditemukan saat perhitungan hasil pencoblosan pemilih.

Dilaporkan tim media ini (27/11/2018) di Desa Were I, dan juga Desa Were III dan sejumlah Desa lainnya mempunyai catatan suara blangko signifikan.

Di Desa Were I misalnya, saat panitia membacakan surat suara, dari tiga TPS mempunyai catatan blangko namun khususnya pada  TPS III, surat blangko berulang-ulang disebutkan panitia hingga  sejumlah warga yang hadir mengikuti perhitungan suara saling memandang muka dan berkerut wajah.

Belum diketahui penyebab fenomena surat suara blangko dalam catatan peristiwa pemilihan atas musyawarah demokrasi di tingkat terbawah, namun di antaranya disignalir akibat kurangnya sosialisasi tata cara pencoblosan kepada para pemilih termasuk kategori pemilih pemula.

Salah satu calon Kepala Desa Were I, Silvianus Pena dalam keterangannya kepada media berharap hal-hal seperti ini dapat menjadi catatan serius berbagai pihak terkait dan segenap elemen di daerah.

“Jumlah kertas suara blangko sangat signifikan. Ini sebuah alarm untuk pemilu kedepan termasuk Pemilu DPR, Pilpres dan lain-lain. Kita berharap ini menjadi catatan serius, tidak hanya sekedar menjadi catatan biasa”, ungkap Silvianus Pena. (Tim/Red)