Home Renungan Harian Esse Discipulus Iesu ~ Menjadi Murid Yesus

Esse Discipulus Iesu ~ Menjadi Murid Yesus

25
0
Ilustrasi: Google

Rabu, 07 November 2018
Pekan Biasa XXXI
¤ Flp. 2:12-18
¤ Mzm. 27:1,4,13-14
¤ Luk.14:25-33
“Esse Discipulus Iesu”
~ Menjadi Murid Yesus ~

Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Yesus memberikan penjelasan mengenai syarat-syarat untuk menjadi muridNya.
Adapun tiga syarat menjadi muridNya, antara lain:

1. MengasihiNya
Keberanian mengasihi Yesus melebihi segalanya. Kita harus memprioritaskan dan menomorsatukan kehendak Allah di dalam hidup sebagai tanda kasih kita kepadaNya. Tuhan harus menjadi segalanya karena terlepas dariNya kita tidak dapat berbuat apa-apa. Jadi yang utama adalah melakukan kehendak Tuhan bukan kehendak, kepentingan, kesenangan diri kita sendiri.
Di sinilah kita diajak untuk berani mengosongkan diri dari keinginan pemenuhan, kepuasan diri sendiri.

2. Memikul salib
Keberanian memikul salib. Salib adalah pengalaman pergumulan dan perjuangan serta pengorbanan ketika kita berusaha setia mempertahankan iman kepercayaan dan ketaatan kepada Yesus.
Di sinilah kita diajak untuk berani menyadari dan menghadapi serta menanggung segala konsekuensi menjadi murid Yesus yang tersalib.

3. MengikutiNya
Keberanian “mengikuti Yesus” berarti berani ‘ ‘menjadi semakin serupa dengan-Nya’ atau ‘pergi bersama-Nya’; menuruti segala kehendak Yesus sebagai prioritas utama di dalam hidup dan melakukannya dengan sadar dan kerelaan hati.
Di sinilah kita diajak untuk ‘mengikutiNya dari dekat’, apa yang dihayati Yesus, juga kita hayati sebagai muridNya.
Saudaraku, marilah kita terus berupaya tumbuh dalam iman agar kita semakin mengasihi Yesus dan berani memikul salib kehidupan kita sehari-hari serta mengikuti Yesus menjadi muridNya yang taat-setia.
Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus bersama Bunda Maria senantiasa menyertai kita sekeluarga yang berjuang menjadi murid-Nya yang taat dan setia. Amin.