Home Berita Dorothea Dhone Sebut Konsisten Anti Korupsi Adalah Syarat Abdi Negara

Dorothea Dhone Sebut Konsisten Anti Korupsi Adalah Syarat Abdi Negara

232
0
Dorothea Dhone
Dorothea Dhone

Focus Indonesia News – Salah satu Kader Partai Nasdem yang sedang menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Ngada, Flores-NTT, Ibu Dorothea Dhone melalui refleksinya kepada masyarakat dalam diskusi demokrasi bersama konstituen di daerah Golewa Kabupaten Ngada, dipetik media ini (1/11/2018) menegaskan sejumlah nilai yang menurutnya tanpa tawar-menawar harus dijadikan kompas dan acuan abdi negara, pelayan masyarakat.

“Negara ini adalah salah satu negara kaya dengan berbagai potensi. Salah satu titik lemah yang seringkali menjadi keresahan bersama adalah lemah konsistensi, d iantara itu lemah konsistensi anti korupsi. Faktor ini yang mau saya sebut bahwa ada kemiskinan besar dalam urusan konsistensi. Maka Presiden Joko Widodo menegaskan butuh revolusi mental, dan saya pikir itu termasuk anti korupsi”, tegas Dorothea Dhone.

Menurut dia, salah satu sektor sumber daya manusia yang semakin hari harus terus didorong adalah tugas pendidikan nilai termasuk di antaranya adalah mental anti korupsi yang harus dimulai dari lingkungan terkecil hingga fakta integritas abdi negara.

Disebutkan, apabila jiwa anti korupsi tidak muncul dalam tindakan nyata abdi negara, maka berapapun besar anggaran belanja negara atau juga anggaran belanja daerah yang digelontorkan bagi masyarakat, pada ujungnya hanya menyisakan catatan-catatan ketertinggalan sebagai akibat dari azas manfaat anggaran yang tidak sepenuhnya masuk langsung ke sektor publik.

Dia menambahkan, dengan modal berani menjadi abdi negara yang tidak korup, rakyat bangsa ini akan menikmati manfaat rencana pembangunan serta manfaat dari pelayanan yang sungguh-sungguh oleh para abdi negara untuk menata pembangunan bangsa dan ataupun daerah-daerah.

Kalau hanya anti korupsi saja, hasilnya tidak signifikan, tetapi yang didesak oleh bangsa ini untuk perubahan dan nasib masyarakat adalah konsisten”, pungkasnya. (Tim/Red)