Home Berita Deklarasi Flores Timur Gempur Stunting

Deklarasi Flores Timur Gempur Stunting

262
0
Deklarasi Flores Timur Gempur Stunting (Foto: Eman Corebima)

Focus Indonesia – Larantuka, Kabupaten Flores Timur saat ini sedang berupaya memerangi Stunting sebagai salah satu implementasi dari visi dan misi Bupati Flores Timur, Anton Hadjon bersama Wakilnya, Agus Boli.

Kegiatan Deklarasi Flores Timur Gempur Stunting dilaksanakan pada Jumat (16 Nopember 2018) dengan mengambil lokasi di Lapangan Sepak Bola Lebao, Larantuka, Flores Timur – NTT. Kegiatan Deklarasi ini sendiri dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari pimpinan OPD, para Camat, Lurah sekabupaten Flores Timur. Turut hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Flores Timur beserta Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan, serta Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Sosial (YPPS) dan Organisasi Pembangunana Belanda (SNV).

Di hadapan para peserta yang hadir, Bupati Hadjon mengatakan bahwa Deklarasi Flores Timur Gempur Stunting sejalan dengan misi Pemerintah untuk menyelamatkan orang muda Flores Timur yang dimulai dengan 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), yaitu sejak usia nol (0) hingga kurang lebih tiga (3) tahun pertama. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Flores Timur akan menyediakan alokasi dana dalam upaya menggempur Stunting.

Bupati Flores Timur, Anton Hadjon pada Deklarasi Flores Timur Gempur Stunting

Pada kesempatan yang sama pula, Bupati Hadjon menghimbau kepada semua kepala desa agar wajib menganggarkan dana dari APBDes untuk mendukung upaya menggempur Stunting.

Tidak lupa pula Beliau menyampaikan terima kasih yang besar kepada Dirjen Gizi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Ir. Doddy Izwardy, MA yang sudah menyempatkan diri untuk datang mengunjungi Kabupaten Flores Timur.

Kepada Dirjen Gizi Kemenkes RI, Bupati Hadjon menyampaikan permintaan untuk tidak perlu lagi mengirimkan biskuit, melainkan bantuan dana untuk dapat digunakan dalam membeli bahan pangan lokal demi peningkatan gizi masyarakat.

Dirjen Gizi Kemenkes RI, Ir. Doddy Izwardy, MA pada Deklarasi Flores Timur Gempur Stunting

Dalam sambutannya, Dirjen Gizi Kemenkes RI, Ir. Doddy Izwardy, MA menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemberintah Kabupaten Flores Timur atas keberhasilan menekan stunting. Hal ini ditunjang dengan data selama tiga (3) tahun terakhir yang menujukkan penurunan yang signifikan. Beliaupun semakin penasaran mengenai langkah konkret yang ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Flores Timur dan mengundang Bupati Hadjon untuk dapat memaparkannya pada tingkat Nasional.

Berikut isi Deklarasi/Ikrar Flores Timur Gempur Stunting

Kami (dengan menyebut nama pihak masing), berjanji dengan sungguh hati untuk:

  1. Memerangi sikap tidak peduli terhadap Stunting
  2. Melakukan Pembelajaran yang luas kepada semua pihak tentang sebab dan akibat Stunting
  3. Melakukan Gerakan bersama memerangi Stunting
  4. Menurunkan prosentase Stunting di Flores Timur
  5. Menyatakan tahun 2023 “Flores Timur Bebas Stunting

Demikian ikrar kami demi Generasi Flores Timur yang Sehat, Cerdas, Tangguh dan Berdaya saing.

(Kontributor: Eman Corebima)