Home Renungan Harian Association ex caritate perpetua ~ Ikatan kasih yang kekal

Association ex caritate perpetua ~ Ikatan kasih yang kekal

35
0
Peringatan Arwah Orang beriman
Peringatan Arwah Orang beriman

Jumat, 02 November 2018
Pekan Biasa XXX
Pengenangan Arwah Semua Orang Beriman
¤ 2 Mak 12:43-46
¤ Mzm 130:1-2,3-4,5-6a,7,8
¤ 1Kor 15:12-34
¤ Yoh 6:37-40
“Association ex caritate perpetua”
~ Ikatan kasih yang kekal ~

Pada hari ini Gereja Katolik mengenang dan berdoa bagi arwah semua orang beriman yang telah meninggal dunia. Bagi kita orang kristiani, saat kematian sesungguhnya merupakan peristiwa puncak kehidupan. Hidup kita tidak lenyap, melainkan hanya diubah. Akan ada kediaman abadi di surga bagi kita yang percaya.
Gereja Katolik mengajarkan bahwa kita diselamatkan karena kasih karunia Allah oleh iman. Dan iman ini harus dinyatakan dan disertai dengan perbuatan kasih, sebab jika tidak demikian, maka iman kita itu mati.

Perbuatan kasih yang didasari iman inilah yang menjadi ukuran pada hari Penghakiman, apakah kasih kita sudah sempurna sehingga kita dapat masuk surga atau sebaliknya, ke neraka. Ataukah karena kasih kita belum sempurna, maka kita perlu disempurnakan dahulu di dalam suatu tempat/ kondisi yang kita kenal sebagai Api Penyucian.
Gereja Katolik mengajarkan akan adanya Api Penyucian, dan bahwa kita boleh, atau bahkan harus mendoakan jiwa-jiwa yang masih berada di dalamnya, agar mereka dapat segera masuk dalam kebahagiaan surgawi. Oleh karenanya pada saat kita masih hidup, perbuatan kasih ini dapat dinyatakan dalam bentuk tindakan langsung, kata-kata atau dengan mendoakan sesama yang masih hidup di dunia, maupun mendoakan mereka yang telah meninggal dunia.

Pada hari ini kita sebagai Gereja yang masih berziarah di dunia ini, menyatukan doa-doa bagi semua orang yang sedang menantikan keselamatannya di tempat Api Penyucian. Mereka semua membutuhkan doa-doa kita supaya Tuhan Allah boleh memperkenankan mereka ikut bergabung dengan semua orang kudus di surga. Hari ini menjadi hari istimewa karena kita memiliki kesempatan untuk mendoakan keluarga, kerabat dan sahabat kenalan yang sudah mendahului kita. Kita percaya bahwa meskipun mereka sudah meninggal dunia namun ikatan kasih mereka dengan kita tidak akan terputus, ikatan kasih kita bersifat kekal karena kuasa dan kehendak Tuhan.

Bacaan Injil hari ini membantu kita untuk bertumbuh dalam kasih dan kerahiman Tuhan. Kita semua dapat diselamatkan oleh kasih dan kerahiman Tuhan dalam diri Yesus Kristus. St. Yohanes Paulus II dalam Dives in Misericordiae menulis: “Kita percaya kepada kasih berarti percaya pada belas kasih Allah sebab belas kasih adalah sebuah dimensi yang mutlak harus ada.” (DM.7).

Saudaraku, alam akan berlalu dengan cepat; kita akan melampauinya; bahkan jika semua matahari dan kabut telah hilang, setiap dari kita akan tetap hidup selama-lamanya karena kasih Yesus Kristus. Marilah kita kejar hal-hal yang surgawi; dengan mulai menabur dan mempersiapkan diri untuk kehidupan kekal di surga; dengan hidup bersih dan suci sampai Tuhan Yesus menjemput kita.
Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus bersama Bunda Maria senantiasa menyertai kita sekeluarga. Amin.