Home Artikel Ada “Keladi” di Hari Pahlawan

Ada “Keladi” di Hari Pahlawan

51
0
Nus Suban dan Sukarelawan pada Gerakan Literasi GERAMA

Memperkenalkan gerakan literasi di lingkungan nelayan tidaklah mudah. Karakter nelayan cendrung bersyukur dalam budaya pesta tinggi. Pendidikan sebagai investasi menjadi soal belakangan. Dan ini menjadi tantangan bersama teman-teman sukarelawan taman baca Gerama di Amagarapati yang masih sangat belia, ucap Sebastianus Kia Suban.

Bersama teman-teman yang bukan guru, kami belajar membangun panggung kreativitas alakadarnya bagi anak-anak di Amagarapati. Pernah, ada lomba membaca puisi tingkat anak-anak. Kendati tak terlalu paham penilaiannya, kami melakukan seadanya. Dan syukur, anak-anak menikmatinya dalam keapadaaan kami, kisah Ama Kia disambut tepukan tangan peserta lain.

Menyisipkan kesempatan di tengah rutinitas di dinas perikanan, Ama Kia bersama beberapa teman juga menonton film inpisiratif bersama anak-anak di halaman rumah. Anak-anak kemudian diberi kesempatan tampil di depan teman-temannya dan menceritakan ulang cerita tersebut.

Sederhana memang. Namun setidaknya kami sudah sedikit banyak mengganggu kemapanan berpikir masyarakat, ucapnya mantap saat memperkenalkan taman Gerama pada sesi lomba taman baca masyarakat kreatif di SMPN 1 Lewolema(10/10)

Saat mewakili suara peserta lomba taman baca masyarakat kreatif, Ama kia menuturkan, kehadiran saya bukan untuk lomba tapi saya mau mencuri pengalaman dan mendapatkan inspirasi dari taman-taman baca lain.

Dia menambahkan, kebersamaan kita pada hari Pahlawan ini menjadi tantangan yang akan menguji ketahanan kita dalam menggerakkan literasi kepada masyarakat. Sejatinya, kita semua memiliki tanggung jawab sejarah melahirkan generasi Flotim yang berdaya saing tinggi.

Apresiasi yang tinggi kepada Agupena Flotim yang telah menggerakkan gerakan ini dalam kesederhanaanya. Meskipun snack kita keladi, namun kegiatan kita hari ini sangat bernilai. Kita tidak terjebak dengan kegiatan yang dikemas dengan anggaran tinggi namun cendrung jauh panggang dari substansi kegiatan.

Saya yakin, ada kekuatan semesta yang berada di belakang Agupena Flotim dalam kegiatan Harlah Agupena ke-12 Tingkat Nasional di Larantuka, tutur tutup Ama Kia.

Selamat berhari minggu.

Sumber: Facebook Amber Kabelen