Home Berita Wartawan Arton Sebut Sudah Waktunya Patroli Cyber Sisir Akun Palsu

Wartawan Arton Sebut Sudah Waktunya Patroli Cyber Sisir Akun Palsu

646
0
Wartawan Arkadius Togo
Wartawan Arkadius Togo

Focus Indonesia News – Salah satu jurnalis kelahiran Kabupaten Nagekeo Flores yang berkarya sebagai Wartawan Vox NTT, Arkadius Togo biasa disapa Arton dalam pendapat diskusinya dengan pihak Polres Ngada melalui temu Polres bersama para wartawan dan admin grup facebook Ngada-Nagekeo, Flores (15/10/2018) bertempat di aula Polres Ngada Kota Bajawa menyatakan pendapat terkait perilaku minor pelaku media sosial yang cenderung berlindung dibalik akun-akun palsu alias topeng identitas.

“Caci maki, seliweran informasi bohong dalam grup-grup medsos berlindung dibalik akun-akun palsu. Dengan modus itu para pelaku merasa bebas bablas dan bahkan menyajikan informasi abal-abal untuk dibaca khalayak. Nah, ini jangan diberi ruang, cyber patroli harus deteksi total praktek-praktek manusia berwajah siluman seperti itu. Ringkus dan tegakan aturan main UU IT supaya berdampak jera”, kata wartawan Arton dalam keterangan pendapatnya.

Dikutip redaksi, usulan para wartawan diterima unit cyber Polri di daerah dan dipastikan akan terus mengikuti berbagai irama akun-akun medsos yang berlindung dibalik akun dan data palsu.

Kepolisian Resor Ngada Flores melalui Kasat Reskrim Iptu Anggoro C. Wibowo, S.I.K memastikan unit cyber patroli sudah memantau akun untuk dua kabupaten yakni Ngada dan Nagekeo yang sering melepas postingan tidak bertanggunjawab, termasuk akun-akun yang mengirim pesan ancaman, terror, caci maki bahkan hinaan kepada orang lain sehingga menciptakan keresahan bahkan membuat orang lain tidak aman dengan modus pelaku berlindung dibalik akun-akun palsu.

“Terimakasih, ini usulan positif dan sesuai fakta-fakta yang kami identifikasi. Bahwa perilaku bebas bertopeng akun-akun palsu dan tidak bertanggungjawab cukup semarak. Kita terus monitor praktek-praktek medsos dengan topeng akun palsu. Itu pada saatnya kita tindak sesuai ketentuan berlaku”, Kasat Reskrim Iptu Anggoro C. Wibowo, S.I.K. (red/)