Home Berita Surat Terbuka Terkait Kasus Ratna Sarumpaet

Surat Terbuka Terkait Kasus Ratna Sarumpaet

785
0
Ratna Sarumpaet
Foto: Ratna Sarumpaet - [ist]

LarantukaNEWS – Focus Indonesia, Terkait hebohnya berita hoax yang beredar belakangan ini sehubungan dengan pengeroyokan terhadap Ratna Sarumpaet, dan terakhir telah diakui sendiri oleh beliau bahwa tidak pernah terjadi pengeroyokan; muncul surat terbuka yang ditulis oleh Ir. KPH. Baga Pujilaksono seperti yang diperoleh media ini melalui media sosial WhatsApp.

Berikut kutipan langsung surat terbuka yang ditujukan kepada Jendral Tito Karnavian.

Ir. KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M. Sc., Lic. Eng., Ph. D.
Fakultas Teknik/Sekolah Pascasarjana
Universitas Gadjah Mada
Yogyakarta

Kepada Yth
Jenderal Tito Karnavian
Kepolisian Republik Indonesia
Di tempat

Hal: Kasus Ibu Ratna Sarumpaet

Dengan hormat,
Kita semua sedang bersedih akibat bencana gempa bumi dan gelombang tsunami di NTB, Sulteng dan Donggala. Saudara-saudara kita yang di sana hidup dalam serba keterbatasan. Saya sangat mengapresiasi kinerja pemerintah yang sigap dan cepat menangani dampak bencana alam tersebut menuju tahapan recovery yang memang butuh waktu.

Di tahun politik ini, suasana sejuk tercipta dikala para paslon dan pendukungnya sepakat di depan KPU dan Bawaslu untuk berkampanye damai. Dan semoga kesepakatan kampanye damai ini sampai ke akar rumput, sehingga pilleg dan Pilpres 2019 bisa fokus adu program bukan adu fitnah atau adu bualan konyol yang amat sangat tidak waras dan tidak mendidik.

Belum lama kesepakatan damai itu dibuat, ada kasus yang menimpa Ytc. Ibu Ratna Sarumpaet yang tiba-tiba menjadi heboh dan viral di masyarakat hasil gorengan-gorengan politikus kualitas tikus got yang sungguh tidak bernurani. Tujuannya hanya ingin menciptakan kegaduhan politik dan memojokkan pemerintahan pak Jokowi yang seolah-olah tidak pernah ada benarnya. Saya bukan pengagum Ibu Ratna Sarumpaet. Saya hanya simpati pada nasibnya, jika cerita itu memang benar adanya. Murni faktor kemanusiaan. Bahkan saya mengutuk keras siapapun pelakunya dan apapun motifnya. Itu tidak bisa dibenarkan akal sehat.

Polri dituntut kerja keras membuktikan benar tidaknya tindakan kekerasan fisik yang dialami Ytc. ibu Ratna Sarumpaet. Jika benar, cari pelakunya sampai ke ujung neraka sekalipun dan adili sesuai sistem hukum di Indonesia. Namun, jika berita itu Hoax semata, jangan ragu-ragu, tangkap si pembuat dan penyebar berita bohong tersebut. Ini sangat meresahkan dan tidak pantas terjadi disaat negara sedang berkabung akibat bencana alam di NTB, Sulteng dan Donggala. Polri harus tegas, adil dan tidak tebang pilih. Jangan sesekali berfikir soal politik, Polri adalah penegak hukum bukan penegak politik. Sekalipun itu seorang Pangeran yang sedang bermimpi jadi Raja Kethoprak sekalipun, namun jika melawan hukum negara ya harus diadili. INI TIDAK ADA KAITANNYA MENDUKUNG PRABOWO ATAU JOKOWI. INI MURNI KEBENARAN. JADI NGGAK PERLU DIGORENG SANA-SINI, RAKYAT SUDAH MUAK!

Hasil forensik analisis Polri adalah pegangan bagi kita semua dan saya percaya penuh pada integritas Polri. Terimakasih.

Yogyakarta, 2018-10-03
Hormat saya,
(KPH. Bagas Widyakanigara)

Rekan media dan rekan seperjuangan mohon diviralkan. Terimakasih.