Home Renungan Harian Pugnate! ~ Berjuanglah

Pugnate! ~ Berjuanglah

39
0
Berjuang
Ilustrasi: Thinkstock

Rabu, 31 Oktober 2018
Pekan Biasa XXX
¤ Ef. 6:1-9
¤ Mzm. 145:10-11,12-13ab,13cd-14
¤ Luk.13:22-30
“Pugnate!”
~ Berjuanglah ~
Inilah perintah Yesus yang menghendaki supaya perintahNya dilakukan terus-menerus. Jadi Yesus menghendaki agar kita terus-menerus berjuang untuk mendapatkan keselamatan.
Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Yesus mengajak kita untuk terus-menerus berjuang, berantusias dan bersemangat, bersiap-siaga untuk mencari dan melakukan segala hal seturut kehendak Allah.
Adapun tiga sikap dasar yang harus terus menerus kita perjuangkan agar memperoleh keselamatan, antara lain:

1. Mengenali-Nya
Orang yang hanya mengaku sebagai orang percaya, tetapi tidak mau berjuang mengenali dan memaknai pengalaman harian dalam kacamata iman, jelas sebetulnya bukanlah orang percaya
Di sinilah kita diajak untuk semakin peka merasakan kehadiran Ilahi lewat semua pengalaman insani, manusiawi yang biasa-biasa dan sederhana dengan sesama setiap hari.

2. Mencari-Nya
Di tengah rutinitas harian, kita berjuang terus menerus mencari, merefleksikan dan menemukan kehadiran Allah lewat hidup doa, baik pribadi maupun bersama.
Di sinilah kita diajak untuk pro-aktif mencari saat dan tempat dimana kita bisa lebih dekat dan menemukan kehadiran Allah.

3. Melakukan
Iman tidak cukup hanya diungkapkan atau dirayakan tapi diwujud-nyatakan.
Di sinilah kita diajak untuk melakukan karya nyata penuh belas-kasihan dengan mengunjungi yang sakit dan di penjara, memberi makan yang lapar, memberi pakaian yang gelandangan, mengubur orang mati, dlsbnya.
Saudaraku, kalau kita ingin mendapatkan keselamatan / masuk kerajaan surga, percayalah kepada Yesus dan buktikan iman kita dengan mau terus-menerus berjuang! Keselamatan adalah sesuatu yang sangat berharga dan layak terus-menerus diperjuangkan! Maukah kita berjuang? Berjuanglah untuk bisa lebih mengasihi Tuhan, untuk bisa lebih dekat dengan Tuhan, untuk bisa lebih menyenangkan Tuhan dan untuk bisa lebih memuliakan Tuhan.
Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus bersama Bunda Maria senantiasa menyertai kita yang berjuang untuk memuliakan Allah. Amin.