Home Berita Penyelesaian Palbatas Ngada dan Nagekeo Flores Segera Rampung

Penyelesaian Palbatas Ngada dan Nagekeo Flores Segera Rampung

311
0

Focus Indonesia News – Lembaga Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia (PADMA), di Jakarta melalui Direktur Gabriel Goa melalui pernyataan Pers PADMA (20/10/2018) menyatakan PADMA memberikan apresiasi kepada Pemkab Ngada dan Nagekeo (Flores) Nusa Tenggara Timur yang lebih mengedepankan penyelesaian yang adil dan damai dalam penyelesaian perbatasan antara Kabupaten Ngada dengan Kabupaten Nagekeo.

Sebelumnya Kabupaten Ngada di Pulau Flores dimekarkan menjadi dua yakni Ngada sebagai induk dan Kabupaten Nagekeo sebagai Kabupaten pemekaran.

Prestasi ini, kata Direktur PADMA, Gabriel Goa menjadi atensi luar biasa dari pihak Kemendagri sehingga dalam waktu dekat sudah bisa keluar Permendagri Tapal Batas Ngada dengan Nagekeo.

“Hal ini juga menjadi yurisprudensi penyelesaian konflik perbatasan di NTT khususnya dan Indonesia Timur pada umumnya. Kami perlu memberikan apresiasi karena kami menyaksikan langsung kerja keras dalam proses ini, yang dengan rendahhati melibatkan partisipasi masyarakat Ngada untuk mendukung total penyelesaian yang Adil dan Damai”, kata Direktur PADMA, Gabriel Goa.

Sementara terkait konflik palbatas antara Kabupaten Ngada dan Kabupaten Manggarai Timur, lanjut PADMA, juga diyakini perjuangan Kabupaten Ngada selama 45 tahun dalam menyelesaikan tapal batas Ngada dengan Kabupaten Manggarai Timur bisa selesai dengan dikeluarkannya Permendagri.

Dikutip redaksi, PADMA juga menyebut, fakta selama ini ada pembiaran dari mediator yakni Pemprov Nusa Tenggara Timur.

PADMA berharap setelah penyelesaian ditangani langsung Mendagri, maka tidak lama lagi akan keluar Permendagri tapal batas Ngada dengan Manggarai Timur. Pasca Permendagri maka PADMA juga akan mendesak Pemerintah Pusat dan Provinsi NTT untuk sungguh-sungguh membangun wilayah Pantura Flores, khususnya Kawasan Pariwisata Terpadu di Riung Kabupaten Ngada, Flores. (Red/)