Home Berita Pemeran Sinto Gendeng ini Tampil Memukau di Festival Nubun Tawa Flores Timur...

Pemeran Sinto Gendeng ini Tampil Memukau di Festival Nubun Tawa Flores Timur 2018

386
0
Nubun Tawa
Ruth Marini pada Festival Nubun Tawa, Foto: Berrye Waibaloenk

Sambil membawa mainan milik Ayeb, Ici memanggil-manggil nama sang anak yang ternyata telah tewas ketika sang anak diajak mengejar keret api bersamanya.

Itulah adegan pemungkas dalam sebuah monolog yang dimainkan dengan sangat baik oleh Ruth Marini, seorang monolog handal yang diundang sebagai seniman tamu dalam rangkaian acara pagelaran Festival Nubun Tawa yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur, Jumat (06/10/2018) di bangunan bekas pasar Kawaliwu Kecamatan Lewolema.

Suasana hari ke-dua perayaan Festival Nubun Tawa malam ini agak berbeda. Bila pada hari pertama, suasana tradisional nampak begitu kental terasa lewat atraksi-atraksi tradisional masyarakat Lewolema maka pada hari kedua ini nuansa acara lebih bersifat moderen dengan hadirnya monolog terkenal Ruth Marini.

Tampil setelah senja di Kawaliwu yang eksotis, Ruth Marini yang juga adalah pemeran karakter Sinto Gendeng dalam film Wiro Sableng ini memerankan seorang tokoh wanita asal Cirebon bernama Ici yang polos dan sering mendapat perlakuan tidak adil dan diskriminasi dari lingkungan keluarga bahkan dari lingkungan sosialnya. Secercah kebahagian sempat menghampiri Ici ketika dia menemukan seorang laki-laki yang kemudian mengajaknya ke kota, menumpang kereta api dan tinggal di sebuah rumah kontrakan yang sederhana. Ici dan suami kemudian dikarunia tiga orang anak; Endang, Etty dan Ayeb. Kehidupan Ici mulai berubah ketika sang suami ditangkap karena diam-diam menjadi germo. Keluarganya berantakan, dan tinggallah Ici dan Ayeb kecil di rumah. Kalut dan putus asa, Ici lalu memilih jalan yang salah untuk mengakhirinya.

Monolog dengan latar belakang kehidupan masyarakat Sunda ini sungguh mencuri perhatian penonton malam ini, termasuk Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur, dan beberapa Kepala Dinas dan Instansi yang sempat hadir malam ini. Wanita yang mengawali karirnya sebagai pemain teater ini tampil dengan intonasi kalimat yang sesuai dan tepat serta gesture yang sempurna ini berhasil memikat penonton dalam sebuah tontonan yang menarik, dipadu dengan tata panggung dan cahaya yang sangat menarik.

Besok (07/10/2018), rangkaian pagelaran Festival Nubun Tawa di Flores Timur akan ditutup dengan beberapa kegiatan menarik. Setelah perayaan misa inkulturasi di pagi hari, para pengunjung akan diajak melihat dan mengunjungi beberapa aktifitas masyarakat tradisional sehari-hari seperti memetik jambu mente. Malam harinya akan diadakan pagelaran seni dan budaya di Desa Ile Padung dengan menamplkan beberapa atraksi seni budaya dari beberapa desa di Flores Timur.

 

(Berrye_prasta)