Home Berita Ngada: Hanya Berbatas Pagar PLTP, Rumah Ini Tidak Terpasok Listrik

Ngada: Hanya Berbatas Pagar PLTP, Rumah Ini Tidak Terpasok Listrik

142
0

Focus Indonesia News – “Saya tidak mengerti lagi dengan kondisi yang saya alami ini. Rumah saya ini hanya berbatas dengan pagar kawat dari perkantoran Pembangkit Listrik Panas Bumi Ulubelu di samping ini, tetapi sejak awal PLTP ini dikerjakan sampai hari ini, rumah saya pun tidak kebagian penerangan listrik. Saya tinggal disini dari sebelum PLTP ini dikerjakan”, ungkap warga Desa Ulubelu Kecamatan Golewa-Ngada (Flores), Bernadus Bate.

Penegasan ini dikutip redaksi dari wawancara kesaksian warga di samping lokasi PLTP Ulubelu Ngada (27/10).

Guna menerangi rumahnya, tambah Bernadus Bate, dia terpaksa menyambung sendiri jaringan listrik dari sebuah rumah kost yang juga berada disamping pagar PLTP setempat usai penghuninya kembali ke Pulau Jawa.

Terhadap tindakannya, kata Bernadus Bate, dirinya dan keluarga sering dimarahi orang-orang berseragam (petugas) namun dirinya menjawab biaya tanggungan pembayaran listrik bulanan selalu dibayar, dirinya bukan hanya tau memakai arus semata.

Aksi nekat warga Bernadus Bate ini dilakukan karena di rumahnya ada anak-anak usia sekolah yang butuh penerangan untuk belajar pada malam hari dan juga ada kebutuhan lainnya dalam usaha keluarga.

Dikabarkan sebelumnya, sejumlah keluarga PLTB Ulubelu-Ngada belum dipasok penerangan listrik.

Ini daftarnya, Keluarga warga setempat yang meminta diterangi penerangan listrik, antara lain: Keluarga Herman Yosef Naru, Keluarga Oliva Mo’i, Keluarga Bernadus Bate, Keluarga Petrus Bate, Keluarga Karolus No’u, Keluarga Regina Dhiu, Keluarga Yeremias Ruba, Keluarga Hendrikus Be’i.

Selain itu, warga juga mengeluhkan kondisi jalan menuju Pembangkit Listrik yang pada awal mula proyek sudah dijanjikan untuk dibuatkan jalan hotmix jalur Boadona – Panas Bumi namun hingga saat ini tidak terealisasi dan dibiarkan begitu saja. (Red/)