Home Berita Minus Terobosan Inilah Kondisi Sawah Di Desa Wolomage Detusoko Ende

Minus Terobosan Inilah Kondisi Sawah Di Desa Wolomage Detusoko Ende

522
0

Focus Indonesia News – Krisis pemenuhan kebutuhan air bagi sedikitnya sekitar 500 jiwa warga Desa Wolomage Kecamatan Detusoko Kabupaten Ende (Flores) Provinsi Nusa Tenggara Timur telah berakibat langsung terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat dan harapan pertanian warga setempat.

Dikabarkan sebelumnya, sejak Desa Wolomage didirikan pada tahun 1969, warga setempat dililit krisis pemenuhan air. Belum ada terobosan pembangunan sektor kebutuhan prioritas warga setempat dan hanya menyisahkan jeritan panjang dan harapan lepas.

Pantauan redaksi (2/10/2018) ada satu sumber mata air yang dapat mencukupi kebutuhan warga setempat jika bisa ditangani dengan bantuan peralatan mesin penghisap air ataupun teknologi tepat guna lainnya. Sumber mata air yang sangat menjanjikan untuk pemenuhan air bersih bagi warga Desa Wolomage Kecamatan adalah dari titik mata air Lowo Bara.

Untuk menjangkau lokasi Lowo Bara yang letaknya sekitar dua kilometer dari wilayah permukiman dengan topografi terjal, warga harus berjalan kaki dengan kondisi sangat memprihatinkan.

Keprihatinan sama pada sektor pertanian persawahan warga setempat. Nampak padi sawah layu karena ketiadaan pengarah air memadai. Semuanya dikerjakan warga setempat dengan metode tradisional sehingga sektor pertanian sawah tidak dapat dikembangkan sesuai harapan.

Warga berharap pihak-pihak terkait bisa terjun langsung ke lapangan melakukan monitoring ataupun meninjau langsung warga Desa Wolomage Kecamatan Detusoko Kabupaten Ende, Flores. (Red/)