Home Berita Dinas Kelautan dan Perikanan Lembata Dituntut Segera Selesaikan Konflik

Dinas Kelautan dan Perikanan Lembata Dituntut Segera Selesaikan Konflik

422
0

Focus Indonesia News – Nelayan Tradisional Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata Provinsi NTT akhirnya melakukan tatap muka langsung bersama Ketua Himpunan Masyarakat Nelayan Indonesia (HMNI) Kabupaten Lembata (12/10/2018) menaikan desakan aspirasi kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lembata untuk segera disikapi dan dituntaskan.

Diterima Redaksi (12/10/2018), diterangkan, Nelayan Tradisional Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata memberikan waktu 7 x 24 Jam kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lembata untuk segera menyelesaikan konflik horizontal yang saling menyikut antar Nelayan Tradisional dan Nelayan Modern yang melakukan Operasi Penangkapan Ikan di Perairan Teluk Lewoleba Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata.

Dikutip Redaksi, melalui Bidang Kelautan dan Perikanan PMII Kupang, Muhamad Aras melaporkan bahwa Kamis (11/10/2018) Nelayan Tradisional Kecamatan Nubatukan melakukan Rapat Tatap muka bersama Ketua Himpunan Masyarakat Nelayan Indonesia (HMNI ) Kabupaten Lembata.

Ditegaskan, apabila tuntutan yang telah disepakati secara bersama oleh seluruh nelayan tradisional, oleh DKP Kabupaten Lembata, tidak dijalankan, maka para nelayan akan melakukan tindakan anarkis.

Dikutip Redaksi, para Nelayan memberikan peringatan untuk tidak segan-segan melakukan aksi anarkis berupa membakar seluruh purseine nelayan modern, melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bom dan tindakan-tindakan lainnya yang tidak diatur berdasarkan UU Kelautan dan Perikanan.

Pasalnya, dampak negative dari konflik horizontal antar sesama nelayan ini adalah terjadinya pertikaian hingga melenyapkan nyawa seseorang. (Puskominfo PMII Kupang / Red/)