Home Renungan Harian Angelum Custodem – Malaikat Pelindung

Angelum Custodem – Malaikat Pelindung

1289
0
Malaikat Pelindung
Ilustrasi: http://renunganpdkk.blogspot.com

Selasa, 02 Oktober 2018
Pekan Biasa XXVI
PW Para Malaikat Pelindung
¤ Kel 23:20-23a
¤ Mzm 91:1-2,3-4,5-6,10-11
¤ Mat 18:1-5,10
“Angelum Custodem”
– Malaikat Pelindung –
Inilah ‘tanda kasih’ Allah untuk manusia, sebab Allah tak ingin membiarkan kita berjuang sendirian dalam menolak yang jahat dan memilih yang baik.
Hari ini, Gereja Katolik menetapkan peringatan wajib ‘Para Malaikat Pelindung.’ Tuhan tahu bahwa manusia sangat lemah, mudah tergoda sehingga jatuh ke dalam dosa. Karena kasihNya yang begitu besar, Ia tidak membiarkan manusia berjalan seorang diri dalam menempuh penziarahan hidup di dunia ini. Ia mengutus malaikat pelindung bagi setiap pribadi untuk melindungi, mendampingi dan mengarahkannya ke jalan yang dikehendaki-Nya.
Mengacu pada kedua bacaan hari ini, ada tiga inspirasi yang bisa kita timba dari peringatan wajib ‘Para Malaikat Pelindung’ ini, antara lain:

1. Meneladani
Kita perlu meneladani apa yang telah dilakukan oleh malaikat pelindung akita masing-masing, yakni dengan menjadikan kita malaikat pelindung bagi sesama kita, entah itu bagi keluarga, sanak saudara atau teman-teman kita.
Di sinilah kita diajak untuk mulai melakukan hal-hal yang sederhana, misalnya hadir bagi mereka yang sedang punya masalah; mendengarkan curhat mereka; mengajak mereka yang kini mulai malas kumpul-kumpul untuk mulai aktif kembali, dsb.

2. Menerangi
Kita selayaknya menerangi jalan hidup sesama dan masyarakat yang berada dalam kegelapan dan kekacauan dunia.
Di sinilah kita diajak menyadari penyelenggaraan ilahi bahwa Gereja sebagai suatu persekutuan umat beriman bisa bertahan sejauh ini, sampai pada usia yang ke sekian, berkat adanya penyelenggaraan ilahi. Gereja disadari sebagai kebersamaan hidup di antara para anggota umat Allah. Maka kehadiran kita dimana pun jadilah malaikat pelindung bagi satu sama lain, layaknya obor penerang di tengah kegelapan.

3. Mengingat
Kita perlu mengingat dan berterima kasih kepada malaikat pelindung kita masing-masing atas jasa serta pelayanan mereka selama ini. Dan alangkah baiknya jika pada hari-hari yang akan datang, kita pun selalu memohon perlindungan mereka dengan mendoakan doa sederhana ini:
“Malaikat Allah, Engkau yang diserahi oleh kemurahan Tuhan untuk melindungi aku, terangilah, lindungilah, bimbinglah dan hantarlah aku ke hidup yang kekal.” Amin.
Saudaraku, mari kita selalu mengingat kehadiran malaikat pelindung. Binalah relasi dengannya melalui doa. Bukalah hati untuk mendengarkan suaranya. Dengan taat dan penuh kerendahan hati, biarkan ia menuntun tangan kita sepanjang perjalanan hidup kita. Semoga berkat bimbingan dan pengarahannya, kita mampu memilih yang baik, dan menolak yang jahat.
Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus bersama Bunda Maria senantiasa menyertai kita sekeluarga yang selalu berjalan bersama malaikat pelindung. Amin.