Home Berita 6.500 Personil Ikut Gelar Pasukan Komando Pengamanan VVIP IMF-WB

6.500 Personil Ikut Gelar Pasukan Komando Pengamanan VVIP IMF-WB

638
0

Focus Indonesia News – Apel gelar Pasukan Komando Gabungan Pengamanan VVIP Pertemuan Tahunan AM IMF – WB (Annual Meetings International Monetary Fund – World Bank) resmi digelar (7/10/2018) Pukul 08.00 Wita di Lapangan Bajra Sandi Denpasar Bali.

Rangkuman redaksi, bertindak selaku Inspektur Kasum TNI, Laksdya TNI Didit Herdiawan, selanjutnya sebagai Komandan Apel Danrem 163/WSA, Kol. Albertus Magnus Suharyadi. Kegiatan ini diikuti sedikitnya 6.500 Personel.

Berdasarkan data yang dihimpun, adapun pihak-pihak yang hadir dalam acara ini yakni, Pangdam IX/Uadayana, Kapolda Bali, Kasdam IX/Udy, Gubernur Bali, I Wayan Koster, Danjen Akademi TNI, Laksdya TNI Aan Kurnia, Kepala Staf Ops II TNI AU, Marsma TNI Andi, Panglima Komando Sektor II TNI AU, Marsma TNI Age, Dansatkomlek TNI, Brigjen TNI Budi, Komandan Lanal Denpasar, Kolonel Laut, P Henricus Prihantoko,  Danlanud Ngurah Rai, Kolonel Pnb Wibowo Cahyono, Kapolresta Denpasar, l. Karo Ops Polda Bali, Kabag Duk Ops Binda Bali, I Made Adi Wiratama, Para Asisten di Jajaran Kodam IX/Udy serta Para Direktur Lingkup Polda Bali.

Berikut susunan Pasukan antaralain, Satgas Walakhir Gabungan, Satgas Paspampres, Satgas Komando Gabungan, Subsatgas Instalasi BNDC, Susatgas BICC, Subsatgas GWK, Subsatgas Hotel Sofitel, Subsatgas Hotel Samabe Resort, Subsatgas Hotel Laguna, Subsatgas Hotel Ayodya, Subsatgas Hotel Nusa Dua Beach, Subsatgas Hotel Mulia, Subsatgas Hotel Westin, Subsatgas Ring 3 Kawasan Nusa Dua, Subsatgas Hotel Seraton Kuta, Subsatgas Hotel Intercon, Subsatgas Hotel The Petra Bali, Subsatgas Hotel Movenpick, Subsatgas Hotel Trans Hotel Kuta, Subsatgas Pantai Kuta, Subsatgas Museum Antonio Blanco, Subsatgas RM Kintamani, Subsatgas Pura Besakih, Subsatgas Pasar Seni Klungkung,  Subsatgas Incognito 1, Subsatgas Incgnito 2, Subsatgas Incognito 3, Subsatgas Incognito 4, Subsatgas Walakhir,  Subsatgas Medis Evakuasi, Satgas Bamin, Satgas Komlek Evakuasi, Satgas Penerangan,  Satgas Evakuasi Hotel, Satgas Evakuasi Pantai, Satgas Pam Heli, Satgas Pelabuhan Gilimanuk, Subsatgas Gabungan.

Gelar Pasukan Komando Gabungan dimulai pukul 8.00 wita dengan rangkaian kegiatan diantaranya Laporan Komandan Apel, Pemeriksaan Pasukan, Amanat Kasum TNI.

Ditegaskan, Annual Meeting IMF – WB adalah pertemuan yang diselenggarakan oleh Dewan Gubernur IMF dan World Bank. Annual Meeting IMF – WB merupakan pertemuan terbesar dunia dalam Bidang Ekonomi dan Keuangan yang di ikuti oleh para Gubernur Bank Central dan Menteri Keuangan Negara anggota serta Privat, Akademsi, NGO dan media.

Berdasarkan data kegiatan ini akan dihadiri sedikitnya sekitar 189 Negara dan diperkirakan peserta mencapai sekitar 34.000 orang.

Dikutip redaksi, disebutkan tahun 2018 menunjukkan kepada dunia bahwa pelaksanaan event besar penyelenggaraan Annual Meeting IMF – WB membawa nama Negara Indonesia menjadi lebih dipercaya oleh Dunia Internasional, sekaligus memberikan manfaat bagi Indonesia, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk itu tugas TNI -POLRI dalam tugas pengamanan kegiatan penyelenggaran AM IMF WB 2018 harus aman nyaman lancar dan sukses melalui koordinasi dan keterpaduan antara Pemerintah, PEMDA, TNI , POLRI maupun pihak terkait dalam mengelola Keamanan, Penyamanan, Kesiap-siagaan dan Ketanggap-segeraan, sehingga tumbuhnya rasa aman dan nyaman, terkendali tertib dan lancar tanpa meninggalkan adat dan budaya setempat.

Senergitas dan Interoverbilitas antara TNI dan POLRI sangat di perlukan dalam penyelenggaraan pertemuan Internasiaonal ini, selain untuk memberikan rasa aman kepada para peserta, juga meningkatkan deteksi dan cegah dini terhadap setiap potensi gangguan, sehingga Kegitan Annual Meetings IMD -WB 2018 yang diklaim terbesar ini berjalan dengan aman dan lancar.

Diakhir amanat sejumlah penegasan tekankan kepada seluruh Prajurit TNI POLRI yang bertugas pada setiap lapisan pengamanan antara lain,

Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha Esa sebagu landasan etika,moral,semangat dan motivasi dalam pelaksanaan tugas

Kedua, Pelaksanaan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab dan jadiakan kegiatan pengamanan ininbukan sesuatu kegiatan yang rutin sehingga perlu ketanggap segereaan setai saat.

Ketiga, Laksanakan rencana kontijensi terhadap kemungkinan yang akannterjadi selanjutnya aksi di lapangan agar dalam mengambil tindakan,keputusan sesuai dengan ketentuan yangbtelah di rencanakan.

Keempat, Jadikan kegiatan pengamanan pertemuan tahunan dana moneter internasional dan Bank dunia tahin 2018 ini sebagai pengalaman yang berharga,laksanakan tugas sesuai dengan presedur, serta hindari hal – hal yang dapat merugikan bangsa dan negara

Kelima, Pelihara dan mantapkan disiplin,kepatuhan,solidutas dan solidaritas serta koordinasi antara unsur Kogapb pam annual meting IMF WB 2018.

Keenam, Tetap berlaku santun dalam setiap tindakan di lapangan serta jadilah tuan rumah yang baik.

Kegiatan diakhiri Laporan Komandan Apel, diikuti Penghormatan Pasukan. Sekitar pukul 08.30 wita Apel Gelar Pasukan Komando Gabungan selesai dengan catatan berjalan aman dan lancar. (TNI / Red)