Home Berita Salah Satu Poin Pleno Paroki St. Yosef Bajawa Soroti Kumpul Kebo

Salah Satu Poin Pleno Paroki St. Yosef Bajawa Soroti Kumpul Kebo

531
0

Focus Indonesia News – Kegiatan Pleno Paroki St. Yosef Bajawa Kabupaten Ngada (Flores) di aula John-Thom Paroki Sanjos Bajawa (28/10) dengan tema “Melalui penataan dan mekanisme kerja, wujudkan pengelolaan aset dan sumber daya secara optimal”, menghasilkan sejumlah pembahasan dan catatan hasil-hasil pleno.

Dirangkum tim media (28/10), kegiatan diawali dengan Perayaan Ekaristi pukul 06.30 pagi dipimpin Pastor John Preta, OCD dan Pastor Remi Todang, OCD. Usai perayaan dilanjutkan dengan rapat pleno.

Paroki Sanjos Bajawa memiliki 203 KUB, 39 Lingkungan dan 10 Stasi, serta 3 biara atau komunitas yakni Biara OCD di Bogenga, Biara Susteran FMM di Trikora dan Susteran Alma di Lekosoro serta 11 Organisasi Rohani.

Dikutip redaksi, salah satu hal menarik yang juga disosorti dalam pleno kali ini adalah masalah  kumpul kebo.

Selanjutnya pembahasan laporan keuangan dan juga menyangkut iuran dan aksi dari setiap umat tingkat KUB.

Juga hangat dibicarakan terkait partisipasi umat KUB dalam sembayang bergilir dan malam wajib.

Berikut point-point penting dikutip redaksi atau sebagai kesepakatan bersama Pleno Sanjos Bajawa yakni, menggiatkan kembali beberapa program yang belum terlaksana dari setiap seksi.

Selainitu disepakati perlunya memberi pemahaman kepada umat dalam kesadaraan partisipasi iuran dan aksi umat. Berikutnya, pemantauan kehidupan umat atas fenomena hidup kumpul kebo dan belum menikah.

Kesepakatan pleno juga menekankan persiapan anak muda melalui berbagai pelatihan serta pembekalan iman demi masa depan keluarga dan gereja.

Mempersiapkan pembangunan gereja baik secara fisik maupun non fisik secara baik. Kerelaan anggota DPP serta fungsionaris pastoral dalam kebersamaan membangun kerajaan Allah dan  penataan kembali sistem pengelolaan keuangan paroki secara baik dan tepat.

Kesepakatan pleno juga menyatakan pemberdayaan kelompok muda dalam renstra pastoral karena generasi muda adalah penerus gereja, serta rencana program kerja seksi dalam tahun kerja Tahun 2018 – 2019.

Dikutip media, dalam Pleno Paroki Sanjos Bajawa kali ini juga mencuat waacana Pemekaran Paroki.

(Sumber: Komsossanjos Bajawa / icad / Red )