Home Berita Warga Kampung Aegana Kabupaten Ende Mandi Cuci Di Saluran Irigasi

Warga Kampung Aegana Kabupaten Ende Mandi Cuci Di Saluran Irigasi

674
0

Focus Indonesia News – Pemenuhan pelayanan air bersih melalui sentuhan kebijakan pembangunan bak penampung air untuk warga masyarakat masih jauh dari harapan.

Foto liputan lapangan Redaksi media ini di wilayah perkampungan Dusun Aegana Kecamatan Wewaria Kabupaten Ende Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (16/9/2018), memperlihatkan kondisi memprihatinkan yang dialami warga perkampungan setempat.

Seperti nampak dalam gambar, warga Kampung Aegana mengaku, bertahun-tahun mereka menggunakan air dari saluran bendungan Lowo Rea yang melintasi perkampungan mereka untuk dijadikan satu-satunya sumber bagi keperluan mandi dan mencuci pakaian. Sementara untuk kebutuhan memasak, mereka pergi menimbanya dari kali atau sungai yang ada.

Menurut warga Aegana, kondisi demikian sudah diketahui seluruh kalangan namun untuk memperhatikan kesulitan yang mereka alami masih jauh dari harapan.

Dusun Aegana Kecamatan Wewaria Kabupaten Ende memiliki sedikitnya sekitar 46 keluarga yang mendiami daerah tersebut.

“Aduh jangan tanya sudah berapa tahun kami pakai air di saluran irigasi ini untuk mandi dan untuk mencuci. Ini sudah puluhan tahun seperti ini. Seperti yang dilihat, ini sudah yang kami alami disini”, ungkgap Ibu Agnes Wini berssama warga setempat saat ditanya redaksi.

Jika musim hujan tiba, kata mereka, arus air cukup deras sehingga warga harus berhati-hati menggunakan air saluran irigasi agar tidak dibawa banjir ataupun mengalami resiko keselamatan jiwa warga kampung.

Mereka berharap para pihak terkait memperhatikan pemenuhan air bersih bagi warga Dusun Aegana Kecamatan Wewaria Kabupaten Ende Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Red/)

Foto Lapangan Focus Indonesia: