Home Berita Valens Daki So’o Salah Satu Indonesia Muda Yang Unggul

Valens Daki So’o Salah Satu Indonesia Muda Yang Unggul

1372
0
Valens Daki So'o

Focus Indonesia News – Calon Anggota DPR RI Nomor Urut 2 Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur 1, Valens Daki So’o tegaskan komitmen perjuangannya dalam keputusan dirinya maju sebagai Calon Anggota DPR RI Tahun 2019.

Aspirasi, NKRI, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, adalah fondasi pergerakan kebangsaan yang harus terus dikokohkan dari waktu ke waktu melalui orang-orang yang militan dan komit dalam berkarya. Demikian diungkapkan Valens Daki So’o dalam sebuah liputan paradigma keterpanggilannya menuju senayan.

Dengan daya jelajah pejuang yang mengangkat prinsip militansi, Valens Daki So’o kelahiran Nagekeo-Flores yang kini sebagai Tenaga Ahli Kantor Staf Khusus Presiden menyatakan maju bertarung untuk barisan Indonesia muda yang menjunjung amanat penderitaan rakyat dengan fondasi NKRI, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika sebagai roh gerakan.

“Saya maju dengan ideologi. Idealisme dan daya kritis Indonesia muda adalah roh gerakan itu.” Kata Wakil Kepala Badiklat Pusat PDI Perjuangan yang menoreh record sebagai Pengurus Yayasan Jati Diri Bangsa (YJDB) bersama sejumlah Tokoh Nasional.

Turut membenahi lembaga melalui pengabdian di jalur DPR juga merupakan salah satu visi Valens Daki So’o. Menurutnya, tidak cukup hanya suara dalam orasi parlemen jalanan namun jalur parlementer untuk kepentingan NKRI juga saluran efektif untuk rakyat bangsa Indonesia.

Valens Daki So’o juga diketahui sebagai penggagas dan pendiri PMKRI Cabang Maumere Flores. Totalitas dalam menjunjung amanat penderitaan rakyat, kata dia, adalah pilihan yang dijunjung.

Jejak Valens Daki So’o, tahun 2016 ditunjuk mendampingi Komjen Pol (Purn) Gories Mere yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan, sebagai Tenaga Ahli Staf Khusus Presiden Bidang Keamanan & Intelijen.

Valens melalui medan perjuangan sangat panjang dan teruji. Valens diketahui jugsa sebagai pengagum Bung Karno dengan mengawali karirnya sebagai Wartawan. Karena kecerdasan, didukung karakter, Valens memikat Dubes Keliling RI dengan Tugas Khusus FX Lopes da Cruz dan terlibat dalam upaya penyesaian masalah Timor Timur di berbagai forum. Berikutnya, Valens diangkat sebagai Staf Khusus Kepala Bakin (BIN) Letjen TNI Arie J. Kumaat.

Jejak pendidikan Valens juga pernah menimba ilmu di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero, sementara di dunia militer Valens menjadi Asisten Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri yang berturut-turut menduduki posisi strategis di TNI diantaranya Asisten Operasi KSAD, Panglima Darurat Militer Timtim, Pangdam IX/Udayana, dan Wakil Kepala Staf TNI AD.

Valens adalah salah satu sosok pemikir muda dan energik dan juga sekaligus pemikir dan pekerja, yakni memiliki kemampuan konseptual dan ketajaman untuk eksekusi lapangan.

Bersama Goris Mere, Valens adalah satu-satunya orang sipil (non-Polri) yang tergabung dalam Tim Satgas Bom Polri itu. Tahun 2004, Gories Mere membentuk Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88).

Sedangkan dalam dunia usaha atau bisnis, Valens pernah menjadi Manajer Marketing PT Hasuda Graha atau perusahaan penyuplai peralatan militer, Direktur Eksekutif PT RSA (Resourceful Security Agency) bidang jasa sekuriti. Hingga saat ini Valens menjadi konsultan di grup usaha swasta nasional Bumi Biru Group.

Sejak 2012 Valens mendirikan VDS Group yang terdiri dari PT Veritas Dharma Satya, PT VDS Sekuriti, PT VDS Media (yang menerbitkan portal berita www.indonesiasatu.co) dan kantor pengacara VDS & Partners Law Firm. (Sumber: Kastra.co / Tim-Red)