Home Pariwisata Ritual Dokang Gurung, Lewolema

Ritual Dokang Gurung, Lewolema

74
0

Flores Timur, selain indah akan panorama alamnya juga menyimpan pesona budaya yang menarik. Yang paling menonjol dari semua heritage tersebut adalah ritual-ritual. Hampir semua segi kehidupan masyarakat Suku Lamaholot – Flores Timur diliputi dengan ritual-ritual baik siklus hidup (lahir, remaja, menikah dan kematian) juga ritual-ritual lain seperti ritual pengobatan, bertani, nelayan, bepergian/merantau dan masih banyak lagi.

Ada pula ritual yang mengalami proses inkulturisasi dari ritual keagamaan Katolik dan budaya Portugal seperti Semana Santa yang sudah begitu terkenal.

Salah satu ritual asli yang ditampilkan dalam video ini adalah Ritual Dokang Gurung, sebuah ritual mengantar benih padi yang baru dipanen dari kebun ke kampung dan didandani di dalam Korke (Rumah Adat) dan terahir ditahktakan di dalam Kebang (Lumbung Adat).

Sebuah ritual syukuran panen kepada Rera Wulan (Tuhan) dan penghormatan terhadap Tonu Wujo (Dewi Padi versi Suku Lamaholot).

Flores Timur, Tanah Seribu Ritus !
(Video ini adalah video kedua, persembahan dari kami, Peserta Workshop Videografi Dokumenter Kebudayaan Kabupaten Flores Timur Tahun 2018. Silahkan dishare, namun mohon jangan dicopy atau dipotong2 dan diedit bersama video lain tanpa seijin Konvoi (Komunitas Videografi) Flores Timur yang berafiliasi langsung dengan DCI (DSLR Cinematography Indonesia).