Home Berita PMII Kupang Gelar Tadarus Maritim untuk NTT

PMII Kupang Gelar Tadarus Maritim untuk NTT

582
0

Kupang News – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kupang akan menggelar Tadarus Kemaritiman Untuk NTT.

Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kupang, Hasnu Ibrahim melaporkan bahwa, kegiatan Tadarus ini berangkat dari refleksi kritis kader PMII Kupang untuk bagaimana turut hadir dalam memberikan solusi demi perbaikan NTT.

Ditambahkan, kegiatan Tadarus ini sebagai kelanjutan dari kegiatan diskusi interaktif anggota dan kader PMII Kupang tertanggal 30 Agustus 2018 di sekretariat PMII Kupang dengan mengusung Tema: Kelautan dan Perikanan, Jawaban Atas Masalah NTT.

Disebutkan, faktor yang mendorong kegiatan Tadarus Kemaritiman ini didasari pada beberapa testimoni tokoh besar.

Refleksi penegasan Bung Karno “Untuk membangun Indonesia Menjadi Negara Besar, Negara Kuat, Negara Makmur, Negara Damai, maka negara dapat menjadi kuat jika menguasai lautan (Bung Karno)”.

Oleh sebab itu ditegaskan, Indonesia Bukanlah Negara Bahari, namun Indonesia adalah Negara Maritim. PMII mengajak patutlah bersyukur Kepada Allah SWT yang menjadikan Indonesia sebagai Negara Kepulauan Terbesar di dunia setelah Kanada (Mahbud Dzunaidi, Pendiri PMII) dan masih banyak lagi ungkapan dari tokoh-tokoh nasional lainnya yang dapat dijadikan pemantik semangat pergerakan anak muda NTT.

Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan Provinsi Kepulauan, yang memiliki potensi sektor kelautan dan perikanan yang menjanjikan demi terciptanya kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat NTT.

Untuk kedepannya Langkah yang diambil oleh BPH PC PMII Kupang yakni, langkah strategis yakni mengadakan diskusi tentatif mungguan dengan menghadirkan Narasumber yang paham akan kelautan dan perikanan.

Setiap hasil diskusi akan dikemas dalam bentuk kajian empiris dan akan disampaikan kepada pemerintah terkait agar dapat ditindaklanjuti demi pencapaian tujuan diskusi.

Berikutnya, langkah taktis yakni dengan melakukan kegiatan berbasis ilmiah. Misalkan: Sekolah Bahari, Safari Bahari, dan Riset Ilmiah.

Hasil dari langkah taktis ini akan diberikan dan diolah menjadi data sekunder kemudian akan diberikan kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan baik tingkat I maupun II.

Selanjutnya adalah langkah promosi, yakni bagaimana menjaga keberlanjutan, Kedaulatan dan kesejahteraan sesuau dengan pilar Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI maka PMII Kupang telah menyiapkan format gerakan yang sesuai dengan kebutuhan generasi milenial.

PMII akan mewajibkan kepada seluruh anggota dan kader PMII Kupang untuk membuat grafis, brosur dll dengan menulis ungkapan bijak tentang laut, menyajikan data-data dan potensi kelautan dan perikanan lainnya.

Saat ini PMII memiliki ratusan anggota dan kader dan di setiap minggunya kami memposting di jejaring media sosial anggota dan kader baik melalui WhatsApp, Facebook, dan Instagram untuk memposting terkait potensi kelautan dan perikanan NTT.

Menurut PMII, langkah ini sangat tepat diperhadapkan dengan generasi milenial, agar tertanamnya rasa cinta untuk menjaga kelestarian laut dan meminimalisir praktek penangkapan ikan baik over fishing maupun eksploitasi berlebihan.

Diharapkan kegiatan Tadarus Kemaritiman yang dilakukan oleh PMII Kupang dapat memberikan kontribusi positif demi pengentasan kemiskinan cultural dan struktural yang kian alot di Provinsi ini.

PMII meminta dukungan dan do’a dari seluruh anggota dan Kader PC PMII Kupang, barisan Alumni Muda PMII, para senior dan unsur mabincab PMII serta Rakyat NTT pada umumnya untuk bersama-sama dalam memajukan provinsi tercinta. (red/)

Sumber : Puskominfo PMII Kupang Masa Khidmat 2018/2019
#TADARUSMARITIM
#PMIIKUPANG
#SIAPMENGAWAL
#SIAPMEMBERIKANSOLUSI