Home Artikel MENGENAL PEMILU 2019

MENGENAL PEMILU 2019

219
0
Foto: KPU

PEMILU 2019 adalah aspek terpenting dari terlaksananya sistem demokrasi di Indonesia. PEMILU 2019 menjadi sarana perwujudan kedaulatan rakyat yang nyata.

PEMILU 2019 menggunakan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Melalui PEMILU 2019 para pemilih akan memilih wakil rakyat untuk kursi DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota serta memilih Pasangan Presiden dan Wakil Presiden sebagai kepala Pemerintahan. PEMILU 2019 akan dilaksanakan secara serentak pada hari Rabu, tanggal 17 April 2019.

PEMILU 2019 diharapkan akan berdampak positif bagi pembangunan politik lokal dan nasional, menyederhanakan jumlah partai politik, membangun koalisi politik yang permanen, mengurangi politik transaksional serta meningkatkan partisipasi politik rakyat.

Secara teknis PEMILU 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika Pemilu 2014 memakai metode BPP (Bilangan Pembagi Pemilih) dalam menentukan jumlah kursi, maka pada PEMILU 2019 menggunakan teknik Sainte Lague untuk menghitung suara.

Teknik Sainte Lague diperkenalkan oleh seorang matematikawan asal Perancis bernama Andre Sainte Lague pada tahun 1910. Sementara di Indonesia regulasi ini disahkan pada tanggal 21 Juli 2017 di DPR RI yakni UU PEMILU Nomor 7 Tahun 2017.

Dalam UU ini disebutkan bahwa partai politik harus memenuhi ambang batas parlemen sebesar 4 persen dari jumlah suara (Pasal 414 ayat 1).

Sesudah partai memenuhi ambang batas parlemen, langkah selanjutnya adalah menggunakan metode Sainte Lague untuk mengkonversi suara menjadi kursi di DPR.

PEMILU 2019 akan berhadapan dengan tantangan di TPS yakni banyaknya calon legislatif, waktu yang lebih lama dalam bilik suara, kertas suara yang sangat tebal serta waktu perhitungan suara yang cukup lama.

Sehingga sebagai PENDUKUNG, RELAWAN dan DUTA YYDIAZ diharapkan dapat memberikan penjelasan sekaligus pencerahan kepada para calon pemilih untuk memudahkan mereka untuk menggunakan hak pilihnya.

Salam Sinergi, Pasti Berdaya Ubah!

Oleh: Valerian Libert Wangge, SH