Home Berita Kronologi KM Wahyu Ilahi 02 Tenggelam Di Perairan NTT

Kronologi KM Wahyu Ilahi 02 Tenggelam Di Perairan NTT

1308
0
gambar ilustrasigambar ilustrasi
gambar ilustrasi

Focus Indonesia News – Dikabarkan sebuah Kapal Motor dengan nama KM. Wahyu Ilahi 02 Tenggelam di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur. Redaksi media ini berhasil menghimpun kronologi peristiwa tersebut dari sumber akurat TNI, data Kodim 1625 Ngada, Flores-NTT.

Berikut kronologi singkat kejadian. Pada hari Kamis tanggal 30 Agustus, pukul 10.30 Wita KM Wahyu Ilahi 02 berlayar dari Teluk Ende-Flores, NTT menuju Pelabuhan Jeneponto Sulawesi Selatan. Saat beraada di perairan NTT ada bola api dari luar menghantam kamar mesin dengan sangat cepat. Akibatnya kamar mesin terbakar. Melihat kejadian itu, seluruh ABK dan penumpang berusaha menyelamatkan diri dengan meloncat ke laut. Tidak lama berselang waktu dari kejadian, melintaslah KM Sejahtera IV dari arah Dobo menuju Pelabuhan PPI Probolinggo.

Melihat kepulan asap yang sedang terjadi tersebut, Kapten Kapal KM. Sejahtera IV memutuskan merubah haluan ke arah kepulan asap. Setelah mendekati lokasi peristiwa musibah, ditemukan banyak orang sudah mengapung-apung di lautan dengan beberapa hewan muatan KM Wahyu Ilahi 02.

Upaya pertolongan langsung dilakukan, ABK KM. Sejahtera IV langsung membantu proses evakuasi terhadap ABK dan penumpang KM. Wahyu Ilahi 02 menuju KM. Sejahtera IV. Usai melakukan pertolongan,  pelayaran dilanjutkan menuju PPI Mayangan Probolinggo dan pada pukul 19.45 WIB KM. Sejahtera IV tiba di pelabuhan PPI Probolinggo.

Berdasarkan data akurat dikutip redaksi media ini, jumlah crew dalam KM. Wahu Ilahi 02 yang ditimpa musibah ini sebanyak 8 orang sedangkan jumlah penumpang sebanyak 13 orang dengan muatan ternak, berdasarkan data manifest kapal sebagai berikut sapi 80 ekor, kuda 10 ekor, kerbau 10 ekor, kambing 70 ekor dan sepeda motor 1 unit. (red/)