Home Berita Korban Theresia Maya Ungkap Admin Ngada Bangkit Lothar Divonis Hukum

Korban Theresia Maya Ungkap Admin Ngada Bangkit Lothar Divonis Hukum

1474
0

Focus Indonesa News – Admin Grup Facebook Ngada Bangkit, atas nama Pius Mateus Geu alias sering dikenal dengan nama Lothar Geu, secara sah berstatus terpidana usai resmi dinyatakan terbukti bersalah dalam sidang Putusan Pengadilan Negeri Bajawa Kabupaten Ngada, Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pasal Pencemaran Nama Baik.

Pasalnya, kini Admin Grup Facebook Ngada Bangkit, atas nama Pius Mateus Geu tengah menjalani Hukuman Gantung atau tahanan luar wajib lapor sedikitnya selama enam bulan sejak putusan Pengadilan Negeri Bajawa dikeluarkan tanggal 1 Agustus 2018.

Sesuai informasi yang diterima redaksi serta rekaman wawancara awak media dengan pihak korban atas nama Theresia Maya, tanggal 8 September 2018 diterangkan sebagaimana fakta keputusan persidangan yang diikuti langsung oleh korban dan saksi perkara, menyatakan Admin Grup Facebook Ngada Bangkit, atas nama Pius Mateus Geu terbukti bersalah berbuat melawan hukum dan divonis enam bulan hukuman gantung.

“Saya mau sampaikan bahwa perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh atas nama oknum Admin grup facebook Ngada Bangkit bernama Pius Mateus Geu terhadap saya dan dalam hal ini saya adalah korban perbuatannya, atas tindakan bermodus perbuatan dia mengambil postingan saya dari grup facebook Gebrak Ngada lalu dia memostingnya di Grup Ngada Bangkit, selanjutnya sebagai akibat dari perbuatan Lothar Geu (Pelaku), pribadi saya menerima kata-kata kotor berupa hujatan dan lain-lain, dan lebih dari itu pelaku bernama Pius Mateus Geu bertindak membuat member grup yang lain mengata-katai saya dan atau memfitnah saya – hal itu sudah saya tempuh melalui proses hukum secara resmi dan pelaku atas nama Admin Ngada Bangkit Pius Mateus Geu sudah divonis Hakim dengan Keputusan 6 bulan hukuman gantung, tidak ditahan atau tahanan luar”, ungkap Theresia Maya, korban perbuatan pelaku dalam peristiwa ini.

Hal senada dibenarkan saksi Maria Theresia Naru Dopo saat konfirmasi redaksi media ini pada tanggal 8 September 2018.

“Ya benar seperti yang disampaikan oleh Ibu Theresia Maya. Saya adalah saksi perkara, sebab pada postingan kejadian tersebut di Grup Ngada Bangkit atau dalam kasus ini, pelakunya adalah admin grup Ngada Bangkit bernama Pius Mateus Geu. Pelaku resmi divonis enam bulan hukuman gantung atau sudah bertindak melawan hukum dan terbukti bersalah pada tanggal 1 Agustus Tahun 2018”, tandas saksi atas nama Maria Theresia Naru Dopo.

Berdasarkan data yang dihimpun redaksi, terhadap perkara ini, admin Geu diproses hukum oleh Theresia Maya dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan – pencemaran nama baik dan terbukti sesuai dugaan, pelaku divonis bersalah dan menjalani hukuman.

Pada tanggal 25 Juli 2018, JPU Kejaksaan Negeri Bajawa membacakan materi tuntutan terhadap pelaku Pius Mateus Geu. Selanjutnya, sidang keputusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bajawa tanggal 1 Agustus Tahun 2018, Hakim memutuskan perkara dan pelaku Pius Mateus Geu dinyatakan terbukti sah bersalah, dikenai putusan enam bulan hukuman gantung.

Terkait perkara ini, kepada redaksi tanggal 8/9/2018, Theresia Maya dan juga saksi Maria Theresia Naru Dopo menerangkan pihak korban tidak diberikan coppy materi putusan persidangan.

Selanjutnya, kata Theresia Maya, berdasarkan hasil konsultasinya selaku korban kepada pihak Pengadilan Negeri Bajawa, disarankan oleh pihak pengadilan agar Theresia Maya mengajukan surat permohonan kepada Pengadilan Bajawa jika ingin memiliki coppy berkas perkara dan ataupun materi keputusan.

“Saya tidak mendapat materinya. Saya sudah tanyakan hal itu namun dijawab agar membuat surat pengajuan permohonan kepada Ketua Pengadilan, selanjutnya baru nanti dipertimbangkan untuk diberikan materi perkara dan putusannya untuk kepentingan dokumen saya”, kata Theresia Maya. (red/)