Home Berita Kader Nasdem Ende Octovioni Terpanggil Menggerakan Ekonomi Warga Berdikari

Kader Nasdem Ende Octovioni Terpanggil Menggerakan Ekonomi Warga Berdikari

133
0
Ibu Octovioni

Focus Indonesia News – Salah satu Kader Perempuan Partai Restorasi (Nasdem) Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Octovioni dalam bincang lesehan bersama Redaksi media ini di Kota Ende (14/9/2018) terkait peran konstruktif Perwakilan Rakyat; membagikan sejumlah pikiran atas rekam perjuangannya dalam membangun perekonomian, selain untuk keluarga, juga merupakan aksi ekonomi 100 orang Ibu di Kota Ende.

Menurut dia, panggilannya terjun dalam dunia Politik bersama Partai Nasdem Kabupaten Ende saat ini, dengan semangat akan terus menumbuh-kembangkan gerakan ekonomi kreatif masyarakat dengan sasaran utama kaum perempuan dan ibu-ibu rumah tangga.

“Sejak Tahun 1988 saya sudah terjun dalam dunia ekonomi kreatif. Pada waktu itu hampir bisa dikatakan pemali jika perempuan berdagang dengan pola dari pintu ke pintu. Saya melakukan hal itu dengan modal pribadi dua juta rupiah. Saya berdagang keliling produk konveksi (pakaian) dari kantor ke kantor dan sekolahan. Saya pernah ditegur saat itu, lalu saya ubah dengan mendatangi rumah ke rumah. Saya berpikir, berdiri di atas kaki sendiri dengan modal kecil harus bisa digerakan secara sungguh-sungguh dan serius, untuk terus mengkokohkan perekonomian rakyat kelas kecil dan menengah. Saya membuktikan sendiri hal itu dan sekarang saya mulai bisa membuka lapangan kerja bagi sesama, melalui usaha mebel, kios, toko, counter, butik dan usaha kost, skala sedang”, urai Octovioni yang diketahui sebagai Calon Anggota DPRD Kabupaten Ende dari Partai Nasdem, Periode 2019-2024, Nomor Urut 4 Daerah Pemilihan I melingkup Ende Tengah, Ende Timur, Ende Selatan dan Ende Utara.

Octovioni yang juga dipercaya sebagai Sekretaris 2 Nasdem Ende mengisahkan sejumlah catatannya dalam mendorong perekonomian warga di Kota Ende.

Selain mendirikan usaha dengan berawal dari kondisi keterbatasan pada eranya, jebolan Sarjana Ekonoi Managemen Universitas Flores, Octovioni juga mengisahkan pergerakannya dalam membangun fondasi usaha mikro menengah keluarga bersama sedikitnya seratus orang ibu di wilayah Ende pada tahun 2006.

Ibu Octovioni
Ibu Octovioni

“Pada tahun 2006 saya coba memotivasi sedikitnya 100 orang ibu-ibu namun tidak serta merta seratus orang, sebaliknya pertahapnya 30 orang. Kami mengumpulkan per-orang Rp.2.500 (dua ribu lima ratus rupiah). Setelah terkumpul kami serahkan kepada satu orang untuk modal berdagang. Berikutnya kumpul lagi, lagi dan lagi dan akhirnya seratus orang itu menciptakan lapangan kerja sendiri dan tidak lagi menganggur. Ada yang jualan sayur, ada yang jualan kacang-kacang, ada yang jualan kue dan lain-lain. Hasilnya mereka pun bisa bangkit dan menolong ekonomi keluarga. Hal ini sebenarnya sederhana namun apabila bergerak dari hati yang polos dan dengan semangat yang luhur untuk sesama kita, saya yakin kita bisa menolong rakyat dengan terukur dan riil”, tambah Ibu dari empat putra putri yang juga semuanya sudah lulus sarjana, Ibu Octovioni.

Terkait semangatnya bersama Partai Nasdem hingga terjun dalam bursa Calon Anggota Legislatif Dapil I Ende, kata dia, semangatnya tampil sebagai Caleg untuk bisa menjadi salah satu bagian penting dalam kerja-kerja nyata memperkuat gerakan kreatif ekonomi masyarakat di Kabupaten Ende dengan basis fondasi “Berdikari: Berdiri di Kaki Sendiri”. (Red/)