Home Sejarah Ini Sejarah Tanggal 19 Bulan 09 Hari ini 19-09-2018

Ini Sejarah Tanggal 19 Bulan 09 Hari ini 19-09-2018

404
0

Focus Indonesia – Tanggal 19 September merupakan hari ke 262 (hari ke 263 dalam tahun lompat) dalam kalendar Gregory dengan tinggal 103 hari lagi sebelum memasuki tahun selepasnya.

19/09 juga merupakan sambutan Hari Kemerdekaan di Santo Kitts dan Nevis (1983) dan Dia de las Glorias del Ejercito di Chile.

Berikutnya dalam Sejarah Nasional Indonesia, pada tgl 19 September 1945 mulai pukul 10.00 pagi bertempat digedung KNIP Lapangan Banteng Jakarta (Mahkamah Agung samping Dep.Keuangan sekarang) diadakan Rapat Kabinet yang langsung dipimpin oleh Presiden Soekarno. Cukup banyak yang dibicarakan dalam rapat tersebut termasuk rencana pembentukan Bank Negara Indonesia (BNI) oleh ayahnya Prof DR Soemitro Djojohadikusumo yaitu Margono.

Tetapi ada agenda cukup penting yang rupanya dibicarakan secara khusus, yaitu berlangsungnya “Rapat Raksasa Ikada” yang penyelenggaraannya dipersiapkan dan dilaksanakan rakyat Jakarta dan sekitarnya yang dimotori Pemuda-Mahasiswa Jakarta. Rencana Rapat Akbar yang sejak awal tempatnya sudah ditetapkan yaitu Lapangan Ikada (sekarang pojok timur Monas), pada mulanya dimaksudkan untuk memeperingati satu bulan Proklamasi 17 Agustus 1945.

Jadi rencananya dilaksanakan pada tanggal 17 September 1945. Tapi rupanya rencana ini ditanggapi fihak Pemerintah Republik Indonesia secara maju mundur. Ada kesan Pemerintah sangat berhati-hati atau nyaris takut kepada kekuasaan Militer Jepang yang baru saja kalah perang.

Untuk ini Kabinet sudah membahasnya dalam rapat tgl 17 September 1945. Kurang disetujuinya rencana rapat tersebut oleh Pemerintah, antara lain atas pertimbangan rakyat yang berkumpul cukup banyak , yang akan memancing kemarahan militer Jepang dan mungkin mengakibatkan bentrokan fisik dimana dikhawatirkan akan jatuhnya banyak korban sia-sia.

Memang fihak militer Jepang jauh hari telah mengeluarkan larangan berkumpulnya massa lebih dari lima orang. Dan bukan hal yang tidak mungkin fihak Jepang yang sekarang telah menjadi alat sekutu, sudah menjalankan kebijakan yang ditetapkan oleh SEAC (South East Asia Command) yaitu untuk mempertahankan keadaan Status Quo.

Peristiwa

634 – Perang Arab-Byzantine: Tentera Khulafah Al-Rasyidin pimpinan Khalid bin al-Walid menawan Damsyik Damsyik daripada Empayar Byzantine.

1356 – Perang Seratus Tahun: Angkatan Inggeris yang diketuai Edward, Si Putera Hitam memenangi Pertempuran Poitiers dan menawan Raja Perancis Jean II.

1692 – Giles Corey, yang enggan membuat rayuan, dihimpit sehingga mati semasa perbicaraan ahli sihir Salem.

1893 – New Zealand menjadi negara pertama memperkenalkan hak pengundian sejagat, selepas dilobi gerakan hak pengundian wanita yang diketuai Kate Sheppard.

1982 – 🙂 dan 🙁 pertama kali dicadangkan oleh Scott Fahlman untuk digunakan sebagai emotikon.

1985 – Satu gempa bumi bermagnitud 8.1 memusnahkan Bandar Mexico, mengorbankan lebih 9,000 orang dan menyebabkan hampir 100,000 yang lain tiada tempat berteduh.

2006 – Jeneral Tentera Darat Diraja Thai Sonthi Boonyaratglin merampas kuasa kerajaan pimpinan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra semasa beliau berada di Bandar Raya New York untuk mesyuarat Perhimpunan Agung PBB.

Kematian

1881 – James Garfield, Presiden Amerika ke-20. Dirangkum dari berbagai sumber. (Red/)