Home Nasehat Pernikahan Rambu Pernikahan: Cinta Saja Tak Cukup! (Edisi V)

Rambu Pernikahan: Cinta Saja Tak Cukup! (Edisi V)

107
0
Ilustrasi: https://pustakaalatsar.wordpress.com

Cinta bukanlah penyebab relasi yang baik, melainkan AKIBAT (hasil) relasi yang baik antara dua insan. Rambu ini perlu dicamkan, karena banyak orang berpikir kebalikannya.

Rambu ini perlu dilihat/dicerna dengan fleksibel. Tidak dimaksudkan untuk membandingkan/membenturkan pernikahan ala Siti Nurbaya dan pernikahan yang diawali perkenalan dan masa berpacaran. Yang mau ditekankan ialah pentingnya pemeliharaan cinta.

Tentu bagus jika sebelum menikah, kita sudah mengawalinya dengan perkenalan dan relasi yang baik untuk menumbuhkan cinta. Tapi itu bukanlah hal yang setelah ada, maka dapat diandalkan untuk menjamin kelangsungan hidup dalam pernikahan. Setelah masuk ke dalam pernikahan, cinta itu harus terus dipupuk. Memang benar, agar ada suatu relasi, perlu ada daya pikat awal, tetapi kedalaman dan MUTU relasi akan menentukan rasa-perasaan yang tercipta. Ibarat tanaman, tidak cukup hanya ada benih yang baik, kita juga perlu pemeliharaannya.

Itu sebabnya, banyak pernikahan yang kandas kendati diawali dengan cinta, tapi minus pemupukan. Sebaliknya, banyak pula pernikahan yang langgeng meskipun tidak diawali dengan cinta. Relasi baik dan bermutu di dalam hidup pernikahan itulah yang menjadi roh kelestariannya.

Ingat ini baik-baik, sekali pun pernikahan itu dilangsungkan di surga, orang masih harus bertanggung jawab atas pemeliharaannya.

Semoga bermanfaat…

Oleh: Mans Watun, Cssr