Home Serba-serbi Pemilihan Kemamu dan Kebarek Waibalun

Pemilihan Kemamu dan Kebarek Waibalun

712
0

Dalam rangka memeriahkan perayaan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 Tingkat Kelurahan Waibalun, panitia mengadakan lomba Pemilihan Kemamu (Pemuda) dan Kebarek (Pemudi) Waibalun (15.08.2018). Lomba diikuti oleh tiga pasang yang mewakili masing-masing lingkungan yang ada di Waibalun, yakni Evan Betan dan Nia Tukan dari lingkungan I, Toti Maran dan Mana Kerans dari Lingkungan II, serta Jukin Kolin dan Yayan Tukan. Sementara itu, juri dalam lomba ini adalah Peny Tukan, Tote Kolin dan Yohanes Kowa Kromen.

Lomba ini sendiri dirancang dengan menggabungkan acara fashion show yang menampilkan pakaian adat dan pakaian kreasi tenun ikat hasil rancangan desainer muda berbakat Waibalun, Beatrix Tukan.

Setelah melakukan pose di atas panggung, para peserta diuji dengan pengetahuan tentang budaya dan adat istiadat Waibalun, seputar masalah murowana, lika telo, panggilan Bosu dan Tiu, hingga manuk mata. Di sesi lainnya, para peserta diajak untuk berani menganjukan pendapatnya tentang sebuah persoalan yang sedang berkembang di Waibalun yang berhubungan dengan tema umum yakni budaya dan adat istiadat.

Acara yang baru pertama kali digelar di Waibalun ini sangat menarik perhatian dan antusias masyarakat Waibalun. Terbukti dengan begitu banyaknya penonton yang menyaksikan lomba ini. menurut ketua panitia, Paskalis Kromen, acara ini digelar untuk memperkenalkan budaya dan adat istiadat Waibalun kepada generasi muda sehingga generasi muda ini dapat mewariskannya dan merawatnya dengan sebaik-baiknya. (Berrye)