Home Pariwisata Ngada : Selamat Datang Di Taman Betania Spirit Camp Aimere Fo’a

Ngada : Selamat Datang Di Taman Betania Spirit Camp Aimere Fo’a

60
0

Ngada – Dari sejumlah Lokasi Taman Alam yang berada di Wilayah Kabupaten Ngada Pulau Flores, salah satu taman yang mungkin masih asing namun sudah ditunjang dengan daya dukung sarana prasarana memadai seperti fasilitas rumah panggung, barak-barak bambu, taman baca, pondok diskusi, rumah pohon untuk meditasi, barak do’a serta fasilitas sarana prasarana lainnya yang bisa dipakai untuk menggelar kegiatan-kegiatan seperti gelar pelatihan kepemimpinan bagi kawula muda pelajar, kegiatan renungan meditasi, pelaksanaan ret-ret rohani bagi kaum pelajar dan mahasiswa, pembekalan organisasi, study alam (out bound), diskusi lesehan, pembekalan tim sukses Partai Politik, ada satu lokasi ideal bernama Taman Betania Spirit Camp Aimere, Ngada.

Taman Betania Spirit Camp Aimere bisa menjadi salah satu pilihan ideal untuk dikunjungi jika hendak melaksanakan berbagai kegiatan yang didukung dengan tunjangan sarana prasarana memadai. Taman Betania Spirit Camp Aimere didirikan di hamparan hutan alamiah dalam balutan suasana alam berisikan keheningan tersendiri bagi siapapun yang menjejakan kakinya di Taman Betania Spirit Camp Kabupaten Ngada, Pulau Flores.

Taman Betania Spirit Camp persis terletak di Desa Binawali, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada Pulau Flores-Nusa Tenggara Timur. Taman Betania Spirit Camp didirikan sekitar Tahun 2003 oleh Pasutri Laurensius Na’u-Yenni Djani dan sudah berhasil menoreh record penghargaan Piagam Kalpataru Kategori Pengabdi Lingkungan untuk Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2007, diserahkan langsung oleh Gubernur NTT Frans Leburaya di Kota Kupang.

Taman Betania Spirit Camp Aimere, Fo’a Ngada dibangun dengan menggunakan swadaya anggaran sendiri oleh Pasutri Laurensius Na’u-Yenni Djani, dengan motifasi  untuk bisa dipergunakan sebagai taman baca di tengah ramah alam, juga sebagai tempat meditasi serta tempat untuk kegiatan-kegiatan out bound lainnya bagi generasi muda di wilayah-wilayah terdekat radius daerah Kabupaten Ngada.

Luas hamparan Taman Betania Spirit Camp Aimere, Fo’a Ngada sekitar Dua Setengah Hektar dengan paduan bukit alam dalam kemasan barisan rumah pohon berdiri tegak di puncak bebukitan untuk menikmati view laut Pantai Selatan kawasan Aimere Kabupaten Ngada, Pulau Flores. Puncak Bukit Taman Betania Spirit Camp Aimere, Fo’a Ngada juga bisa dipakai menjadi salah satu titik pandang terbaik guna menikmati sunset diatas biasan gulungan gelombang Pantai Selatan Aimere Kabupaten Ngada.

Ditemui di kediaman Jalan Gatot Subroto, Kuala Lumpur-Ngedukelu Kota Bajawa (02/8/2018), kepada Wartawan, Pasutri Laurensius Na’u-Yenni Djani menuturkan, inspirasi pendirian Taman Betania Spirit Camp bermula dari kecintaan terhadap suasana alam, selanjutnya tergerak membangun sejumlah barak dari bahan baku bambu alam, lalu terus dikembangkan dengan pembuatan pondok do’a, barak meditasi serta taman baca yang bersifat menyatu alamiah dengan rindang hutan kawasan itu. Taman Betania Spirit Camp, kata Laurensius Nau, ditata secara swadaya atas dorongan ingin dijadikan sebagai taman berwawasan alam untuk dapat dipakai menggelar kegiatan-kegiatan pembinaan dan pembentukan character kawula muda.

Sedikitnya tersedia sekitar Enam Rumah dan Barak Bambu utama dilengkapi pasokan air bersih memadai, kamar mandi, toilet, penerangan listrik PLN dan taman baca. Selainitu Taman Betania Spirit Camp juga didukung dengan perpustakaan buku, hamparan taman alam yang dapat dipakai untuk gelar rapat terbuka dibalik rindang pepohonan. Dengan dukungan sarana fasiltas yang sudah tersedia serta terus dibenahi dari waktu ke waktu, Taman Betania Spirit Camp juga disediakan untuk penginapan bagi pengunjung atau peserta pelatihan yang memakai jasa Taman Betania Spirit Camp Aimere, Fo’a Kabupaten Ngada sebagai pilihan lokasi kegiatan.

Sejak selesai dibangun, Taman Betania Spirit Camp sudah menjadi langganan dipakai berbagai kalangan untuk melakukan sejumlah kegiatan, misalnya oleh para Suster melaksanakan kegiatan rekoleksi rohani, kegiatan-kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar bagi para pelajar dan mahasiswa, organisasi Gerejawi seperti OMK, GMIT, Kongregasi Santa Ana, Legio Gereja, Temu Pembekalan Kader Partai Politik serta berbagai agenda lainnya yang sudah pernah menjejakan kaki di Taman Betania Spirit Camp – Ngada.

Peta dan jarak tempuh menuju Taman Betania Spirit Camp, jika start dari Kota Bajawa selanjutnya mengikuti rute Jalan Negara Bajawa menuju Kecamatan Aimere. Seterusnya dari Ibu Kota Kecamatan Aimere belok arah Timur (jarak tempuh sekitar Dua Kilo Meter) menuju titik Desa Binawali Aimere Ngada. Kondisi jalan menuju Taman Betania Spirit Camp didukung akses jalan masuk aspal hotmis yang bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Sementaraitu, tidak jauh dari Taman Betania Spirit Camp, juga terdapat Meriam Kuno yang diperkirakan dari peninggalan era kerajaan Goa, serta lokasi air terjun tiga cabang bernama Air terjun Tiwu Besi yang sangat cocok untuk petualangan alam.

Menurut Pasutri Laurensius Na’u-Yenni Djani, dari aspek pembiayaan untuk jasa pakai Taman Betania Spirit Camp tergolong cukup murah dibanding tarif lokasi lain yang ada di daerah. Tidak hanya tersedia barak, rumah bambu, pondok baca, view laut, sunset dan berbagai menu pelayanan kebutuhan kegiatan bagi para pengunjung, menu pelayanan Taman Betania Spirit Camp Aimere,Fo’a Kabupaten Ngada juga ditunjang oleh ketersediaan menu makanan laut seperti ikan panggang berbagai jenis ikan laut, nasi putih, sambal pedas serta berbagai menu makanan yang bisa disediakan sesuai dengan pesanan selera pengunjung. Selamat Datang Di Taman Betania Spirit Camp Aimere Fo’a-Aimere, Ngada, Pulau Flores-Nusa Tenggara Timur/ (red/)