Home Serba-serbi Macam-Macam Perempuan (Jangan dibalik)

Macam-Macam Perempuan (Jangan dibalik)

595
0
Young-Women-Face-Silhouette-Graphics

Macam-Macam Perempuan (Jangan dibalik)

Mengingat serial Rambu Pernikahan yang setiap hari mengunjungi layar HP Anda hanya lebih ditujukan kepada orang yang telah menikah, banyak perempuan jomblo yang mengajukan protes kepada saya. Untuk menjawab itu saya membuat tulisan berikut ini yang dialamatkan kepada perempuan-perempuan pra-nikah untuk direfleksikan.

Kerap kali perempuan-perempuan jomblo bertanya-tanya mengapa sulit sekali menemukan belahan jiwa yang mau memahami dan mencintai dirinya apa adanya. Mengapa sejumlah laki-laki yang pernah berlabuh di hati mereka tidak lama kemudian memutuskan untuk ‘menyelamatkan diri’. Bagi perempuan-perempuan yang sudah menikah, kiranya tulisan ini juga dapat sekedar memberi pengertian mengapa acap kali muncul konflik dengan pasangannya. Sedikit banyak konflik itu bisa dihubungkan dengan tipe-tipe kepribadian yang melekat dengan diri Anda.

Tipologi kepribadian yang akan dipaparkan berikut ini merupakan tipologi umum dalam arti bisa dikenakan pada laki-laki maupun perempuan. Namun demi asas manfaat, tulisan ini difokuskan kepada kaum perempuan untuk direnungkan. Soalnya, lebih umum kaum perempuan mempermasalahkan jodoh yang tak kunjung tiba ketimbang laki-laki. Di mata laki-laki ada berbagai macam perempuan yang kalau boleh, kalau bisa, mereka hindari, antara lain (kecuali point 5):

Perempuan Serba Menang Sendiri
Laki-laki memang menyukai perempuan yang smart. Mereka mendambakan pasangan yang bisa diajak berdiskusi secara rasional. Secara rasional bukan berarti harus dicapai dengan membuat rasionalisasi, bukan pula menjadi rasionalistis. Orang-orang yang baru mulai menempelkan rasionalitas dalam pola pikir mereka, kerap kebablasan menjadi rasionalistis melalui aneka bentuk rasionalisasi. Hal ini membuat mereka menjadi pribadi yang serba mau menang sendiri. Berhadapan dengan perempuan yang mau serba menang sendiri dengan cara apa pun, sebagian besar laki-laki memilih menghindar.  Dari kumpulan laki-laki yang menghindar, sebagian melakukannya karena merasa tidak ingin terlibat masalah terlalu jauh, sebagian yang lain karena merasa superioritas mereka terancam.

Perempuan Matre
Umumnya laki-laki tidak keberatan menyenangkan kekasihnya dengan memberikan aneka hadiah. Sepertinya issue emansipasi belum menyentuh wacana tentang siapa (laki-laki atau perempuan) yang sepantasnya memberikan hadiah. Untuk generasi muda sekarang (Generasi Nexter, menurut Stephen P. Robbins), sah-sah saja merekq matre sebab mereka hidup di zaman di mana dunia menawarkan aneka gadged. Untuk bisa menikmati berbagai gadged itu, mereka perlu duit, entah dia laki-laki atau perempuan. Bagi laki-laki, oke-oke saja menguras isi dompet untuk membelanjakan barang-barang yang disukai pasangannya. Namun ada perilaku perempuan tertentu yang di mata laki-laki secara gamblang-terang-benderang hendak memanfaatkannya. Perilaku ini dapat meruntuhkan harga diri sebagian laki-laki yang serius membina hubungan. Laki-laki mau memberi, tapi pantang dimanfaatkan. Coba renungkan, apakah point ini yang menyebabkan laki-laki Anda ‘melarikan diri’?

Perempuan Tukang Mengeluh
Ada jenis perempuan yang cenderung melihat dan mempermasalahkan kesulitan dalan tiap peristiwa. Maunya mereka semua hal tersedia dan terjadi tanpa perlu menyulitkan diri mereka. Mereka mengeluhkan musim hujan, juga mengeluhkan panasnya kemarau. Mereka mengeluh di waktu sibuk (kekurangan waktu), juga di waktu senggang (kelebihan waktu, bosan, bingung mau ngapain). Tuhan pun bakalan bingung jika hendak memuaskan orang seperti ini. Jika Anda bertipe tukang mengeluh, jangan heran sebagian besar laki-laki memilih kabur segera setelah mengenal pribadi Anda. Mungkin Anda harus menemukan laki-laki yang cintanya sedemikian kuat sehingga mau menjadi sukarelawan untuk menemani Anda. Laki-laki umumnya memilih menghindar dengan satu alasan, yakni ingin memiliki hidup yang lebih tenang.

Perempuan Posesif
Setiap orang, entah laki-laki maupun perempuan, mendambakan keintiman (intimacy). Namun intimacy kerap harus dibayar dengan privacy. Mungkin sebagian laki-laki terlanjur atau memang dasarnya suka gombal pernah berjanji untuk selalu bersama Anda sepanjang waktu. Dan karenanya, Anda perempuan merasa berhak untuk memantau setiap gerak-gerik pasangan, mendiktenya, bahkan melarang sejumlah keinginannya yang di luar kepentingan Anda. Jika Anda bertipe terlalu posesif, laki-laki Anda akan merasa terpenjara. Setiap laki-laku mempunyai ‘dunia sendiri’ yang tidak ingin dimasuki oleh orang yang tidak memahaminya.

Perempuan Reflektif
Perempuan yang suka merefleksikan hidup akan mencoba menalaah note ini, mengambil manfaatnya, membuang kulit dan bumbu yang tidak penting, menarik intisarinya dan menjadikannya bahan introspeksi. Tipe ini kerap membuat sebagian lelaki terkagum-kagum.

Perempuan Pendedam
Bertolak belakang dengan tipe di atas, ada pula perempuan yang membenci note ini dengan gigi gemeretuk, mengepal tinju, dan mencari-cari alamat penulis atau siapa saja yang setuju dengan note ini. Syukurlah, saya tidak mencantumkan alamat saya dalam tulisan ini. Bagian besar ide note ini diambil dari Majalah Cosmopolitan. Silahkan dicari di sana siapa saja pencetus gagasan di atas..

Wageroooo…😂🤣💪🏼
Semoga bermanfaat…

Oleh: P. Mans Watun, CssR