Home Berita Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende Jelaskan Tupoksi Jasa Raharja

Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende Jelaskan Tupoksi Jasa Raharja

443
0

Ngada News – Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende yang juga membawahi wilayah tugas Jasa Raharja Ngada, Achmad Nurdin kepada Redaksi media ini (28/8/2018) di Bajawa Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur menerangkan sejumlah materi penting terkait tugas pokok dan fungsi Jasa Raharja agar tidak terjadi kesalahpahaman masyarakat luas atas kedudukan Jasa Raharja yang juga bekerja di bawah perintah regulasi formal dalam kedudukan Badan Usaha Milik Negara.

Sebelumnya dikabarkan, (25/8/2018) Sejumlah Sopir Angkutan Umum di Ngada mengeluhkan Pelayanan Jasa Raharja di terminal-terminal yang ada di Bajawa. Terhadap kabar ini, setelah dilakukan kajian dan rangkaian uji petik Ngada, pihak Jasa Raharja di bawah pengayoman langsung Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende Achmad Nurdin memastikan nara sumber pengadu salah alamat.

“Pertama, Jasa Raharja tidak berkantor di Terminal. Tugas dan fungsi Jasa Raharja adalah memberikan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas sesuai ketentuan UU Nomor 33 Tahun 1964 dan UU Nomor 34 Tahun 1964, dengan cara menghimpun dan mengelola Iuran Wajib dari penumpang umum darat, laut & udara serta Sumbangan Wajib dari pemilik kendaraan bermotor”, ungkap Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende, Achmad Nurdin.

Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende, Achmad Nurdin
Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende, Achmad Nurdin

Bersamaan dengan itu, demi tugas pelayanan dan kewajiban berbagi pemahaman kepada khalayak luas, selain terus melakukan rangkaian sosialisasi langsung di lapangan kepada warga masyarakat, Achmad Nurdin juga menjelaskan berbagai tupoksi dan penjabaran Jasa Raharja.

Ditambahkan, untuk mempermudah masyarakat memperoleh santunan, Jasa Raharja telah menjalin kerjasama di bidang pelayanan, melalui sistem IRSMS Kepolisian, Dinas Kependudukan & Catatan Sipil, Rumah Sakit serta Cash Management System BRI. Untuk Korban kecelakaan lalu lintas yang dijamin Jasa Raharja dan dirawat di Rumah Sakit akan dibuatkan Surat Jaminan sehingga biaya rumah sakit akan ditagihkan ke jasa Rahrja dengan maksimal Rp, 20 juta, dan untuk korban meninggal dunia Jasa Raharja melakukan jemput bola dengan mendatangi langsung ke rumah ahliwaris.

Santunan untuk korban kecelakaan lalu lintas sejak tanggal 1 juni 2017 mengalami kenaikan hingga 100% dengan rincian sebagai berikut:

1. Ahliwaris korban meninggal dunia mendapatkan santunan sebesar Rp.50.000.000,- (semula Rp.25.000.000,-)

2. Santunan bagi korban cacat tetap masih tetap sesuai persentase tertentu dari santunan korban meninggal dunia (yang telah dinaikan menjadi Rp. 50.000.000,-)

3. Penggantian biaya perawatan dan pengobatan meningkat menjadi maksimal Rp.20.000.000,- (semula Rp.10.000.000,-)

4. Penggantian biaya penguburan meningkat menjadi Rp. 4.000.000,- (semula Rp.2.000.000,-) bagi korban yang tidak memiliki ahliwaris. Untuk Pembayaran Santunan PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Ende sampai dengan bulan Juli 2018 telah memberikan santunan sebesar Rp.4,3 Milyar.

Santunan diberikan kepada korban Meninggal Dunia sebesar Rp. 3,6 Milyar, Luka-luka Rp.626 juta, Cacat Tetap Rp, 25 juta, penguburan Rp.16 juta dan Ambulan & P3K Rp. 37 juta, terjadi kenaikan sebesar 36,13% dibanding tahun yang lalu bulan yang sama. Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang sebagaimana yang tertuang dalam UU Nomor 33 Tahun 1964 merupakan dana yang dikumpulkan dari iuran wajib para penumpang kendaraan umum ketika membeli tiket atau karcis, yang kemudian disetorkan oleh pengusaha/pemilik armada transportasi kepada PT. Jasa Raharja. Penyetoran ini dapat dilakukan di kantor Jasa Raharja atau kepada petugas Jasa Raharja yang berada di Samsat.

Sementara menyangkut ketentuan tarif borongan bulanan Iuran Wajib dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang alat angkutan umum di Provinsi Nusa Tenggara Timur, diterangkan, sesuai dengan kesepakatan bersama antara PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Timur dengan Dewan Pimpinan Daerah Organda Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan Nomor: SKB/JR/1/III/2017 dan Nomor: 01/ORG/SKB/DPD-NTT/III/2017 ditetapkan di Kupang tanggal 1 Maret 2017.

Rangkaian kegiatan dalam kehadiran Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende di Kota Bajawa Kabupaten Ngada, Flores (28/8/2018) juga diikuti gelar sosialisasi terbuka bersama warga dan para sopir di Kota Bajawa atau sebagaimana disaksikan dalam informasi foto lapangan yang ditampilkan dalam berita ini. Achmad Nurdin menyampaikan himbauannya kepada para supir angkutan umum agar tetap mengutamakan keselamatan penumpang dan patuhi peraturan lalu lintas. (red/)