Home Berita Jasa Raharja Perwakilan Ende Gelar Sosialisasi di Terminal Bajawa, Ngada

Jasa Raharja Perwakilan Ende Gelar Sosialisasi di Terminal Bajawa, Ngada

497
0
Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende, Achmad Nurdin Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende, Achmad Nurdin
Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende, Achmad Nurdin

Ngada News – Dipimpin langsung Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende, Achmad Nurdin, didampingi Petugas Jasa Raharja Rahmadoni, Kepala Terminal Mathias Ngete, para sopir angkutan umum dan penumpang yang berada di Terminal Dalam Kota Bajawa, Jasa Raharja Perwakilan Ende membuka sosialisasi langsung di Kota Bajawa Kabupaten Ngada, Flores (28/08/2018).

Pantauan Redaksi media ini (28/08/2018) sejumlah materi terkait tugas dan tugas pokok dan fungsi Jasa Raharja diutarakan Kepala Perwakilan Ende Achmad Nurdin kepada para peserta sosialisasi.

Dikutip redaksi, Achmad Nurdin memaparkan tentang kedudukan Jasa Raharja, diantaranya mengenai UU Nomor 33 Tahun 1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang umum, dan UU Nomor 34 Tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan.

Selainitu juga dipaparkan terkait mekanisme proses pelayanan Jasa Raharja serta kasus-kasus yang tidak terjamin Jasa Raharja.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi akan tugas dan fungsi Jasa Raharja memberikan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas sesuai ketentuan UU Nomor 33 Tahun 1964 dan UU Nomor 34 Tahun 1964, dengan cara menghimpun dan mengelola Iuran Wajib dari penumpang umum darat, laut & udara serta Sumbangan Wajib dari pemilik kendaraan bermotor,” tandas Achmad Nurdin.

Sementara terkait para sopir angkutan umum, menurut Achmad Nurdin, Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang atau sebagaimana yang tertuang dalam UU Nomor 33 Tahun 1964 merupakan dana yang dikumpulkan dari iuran wajib para penumpang kendaraan umum ketika membeli tiket/karcis, yang kemudian disetorkan oleh pengusaha/pemilik armada transportasi kepada PT. Jasa Raharja.

Penyetoran tersebut, tambah dia, dapat dilakukan di kantor Jasa Raharja atau kepada petugas Jasa Raharja yang berada di Samsat.

Berikutnya, guna mempermudah masyarakat dalam memperoleh santunan, Jasa Raharja juga telah menjalin kerjasama di bidang pelayanan, melalui sistem IRSMS Kepolisian, Dinas Kependudukan & Catatan Sipil, Rumah Sakit serta Cash Management System BRI.

Achmad Nurdin juga menguraikan, untuk Korban kecelakaan lalu lintas yang dijamin Jasa Raharja dan dirawat di Rumah Sakit, akan dibuatkan Surat Jaminan sehingga biaya rumah sakit akan ditagihkan ke jasa Rahrja dengan maksimal Rp, 20 juta, dan untuk korban meninggal dunia Jasa Raharja melakukan jemput bola dengan mendatangi langsung ke rumah ahliwaris.

Berikut diterangkan Tarif dan Santunan untuk korban kecelakaan lalu lintas, terhitung sejak tanggal 1 juni 2017 mengalami kenaikan hingga 100% dengan rincian sebagai berikut

Ahliwaris korban meninggal dunia mendapatkan santunan sebesar Rp.50.000.000,- (semula Rp.25.000.000,-) 2. Santunan bagi korban cacat tetap masih tetap sesuai persentase tertentu dari santunan korban meninggal dunia (yang telah di naikan menjadi Rp. 50.000.000,-) 3. Penggantian biaya perawatan dan pengobatan meningkat menjadi maksimal Rp.20.000.000,- (semula Rp.10.000.000,-) 4. Penggantian biaya penguburan meningkat menjadi Rp. 4.000.000,- (semula Rp.2.000.000,-) bagi korban yang tidak memiliki ahliwaris. Untuk Pembayaran Santunan PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Ende sampai dengan bulan Juli 2018 telah memberikan santunan sebesar Rp.4,3 Milyar.

Santunan diberikan kepada korban Meninggal Dunia sebesar Rp. 3,6 Milyar, Luka-luka Rp.626 juta, Cacat Tetap Rp, 25 juta, penguburan Rp.16 juta dan Ambulan & P3K Rp. 37 juta, terjadi kenaikan sebesar 36,13% dibanding tahun yang lalu bulan yang sama.

Akhir sosialisasi di Bajawa Kabupaten Ngada, Kepala Jasa Raharja Perwakilan Ende, Achmad Nurdin menghimbau mitra sopir angkutan umum, agar tetap mengutamakan keselamatan penumpang dan mematuhi Peraturan Lalu Lintas. (red/)