Home Berita Dokter Maria Tandafatu dan Tim Medis Bantu Peran Masak Di Dapur Umum...

Dokter Maria Tandafatu dan Tim Medis Bantu Peran Masak Di Dapur Umum Musibah Gurusina

349
0

Ngada News – Peran Tim Kesehatan Daerah Kabupaten Ngada dibalik Duka Kampung Adat Megalitik Tertua di Pulau Flores, Kampung Gurusina yang ludes disapu jago merah, boleh dibilang patut diacungi terimakasih pelayanan para medis untuk warga dalam misi kerja kemanusiaan di daerah.

Pantauan langsung redaksi di lokasi Dapur Umum Gurusina Ngada, Flores (14/8/2018), sedikitnya sekitar sepuluh Tenaga Medis yang terdiri dari Dokter, Bidan dan Perawat secara bergantian terjun langsung sejak malam hari usai kejadian, menjadi juru masak bagi warga di lokasi bencana. Sejumlah Ibu dari warga Gurusina ikut ambil bagian meramu menu dapur untuk dibagikan kepada ratusan bahkan ribuan warga yang tertimpa bencana jago merah melalap nyaris menyapu bersih satu perkampungan.

“Keberaadaan kami di lokasi bencana ini sejak sekitar dua jam pasca kejadian, atau sekitar jam enam lewat kami sudah disini. Dapur umum ini dibuat beberapa jam setelah apinya padam. Setelah kebakaran tim langsung dibentuk dan dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan yang tiba di lokasi kejadian hanya beberapa saat dari kebakaran pertama. Kami langsung bekerja membantu warga termasuk mengkondisikan dapur umum dengan segala keterbatasan di lapangan”, tandas Dokter kelahiran tanah Ngada, Dokter Maria Y.Vianey Nua Agustina Yesia Tandafatu.

Menurut Dokter Maria Tandafatu, sejumlah kekurangan di dapur umum sangat dibutuhkan untuk boleh mendapat perhatian serius dari para pihak dalam duka Gurusina, Ngada, Flores. (red/)